Beberapa Pertimbangan dalam Berasuransi

timbanganSuatu saat seorang calon nasabah memprotes proposal asuransi yang saya ajukan, dia membandingkan dengan proposal yang pernah ia terima dari agen lain yang ternyata jumlah Uang Pertanggungan (UP) dan manfaatnya lebih besar ketimbang proposal yang saya buat. Padahal besar premi yang harus dibayar sama. Setelah saya amati, ternyata memang benar. UP dan Manfaat Tambahan yang diterima lebih besar. Tapi masalahnya adalah, dengan UP dan Tambahan Manfaat yang begitu tinggi, nasabah tidak mengetahui bahwa dalam lima tahun mendatang ia harus membayar polis yang lebih tinggi lagi jika tidak ingin polisnya lapse. Si agen tidak pernah menjelaskan hal itu kepadanya. Mungkin kerana tidak tahu, atau sengaja dibuat begitu supaya terlihat murah dan menggiurkan. Nah, berdasarkan pengalaman ini, ada baiknya jika nasabah memahami bahwa dalam memilih asuransi TAPRO/UNIT LINK setidaknya ada beberapa pertimbangan sebagai berikut:

Pertama, Investasi TAPRO

Sebagaimana telah diketahui, asuransi UNIT LINK atau yang sering juga disebut dengan TABUNGAN PROTEKSI (TAPRO) adalah asuransi yang menggabungkan antara investasi dan proteksi. Namun demikian, maksud utama investasi di sini sebenarnya untuk menjaga kelangsungan proteksi itu sendiri sehingga premi yang dibayar tetap dan proteksi terus berlangsung hingga akhir hayat. Bahkan tidak hanya proteksi, tapi juga tambahan hasil investasi jika yang bersangkutan meninggal dalam masa kontrak. Dengan demikian hal pertama yang harus diperhatikan adalah pada sisi proteksinya, baik besar nominalnya maupun keberlangsungannya, bukan pada besaran investasinya.

Kedua, Kelangsungan Polis

Untuk mendapatkan proteksi yang maksimal, tentu saja polis harus berumur panjang. Artinya, dengan setoran yang tetap, bahkan minimum, harus diusahakan bagaimana caranya agar polis bertahan sampai. Dengan setoran tetap, terlebih lagi jika setorannya memang minimum, besarnya UP dan Tambahan Manfaat yang diterima tentu akan sangat berpengaruh pada usia polis. Dengan kata lain, semakin besar UP dan Tambahan Manfaat yang diterima maka semakin pendek usia polis. Kecuali jika nantinya mau menambah jumlah setoran untuk memperpanjang usia polis.

Idealnya, untuk asuransi jiwa (life insurance) usia polis harus mencapai prediksi usia kita. Umumnya rata-rata usia orang Indonesia katakanlah sampai 80 tahun. Maka usia polis harus sampai pada usia itu. Nah, bagaiaman cara melihat usia polis ini? Perhatikan pada proposal yang dibuat oleh agen pada bagian Ilustrasi Maslahat. Pada kolom yang terdapat gambar bintang (***) maka itu menandakan pada tahun itu setoran polis sudah tidak mencukupi. Artinya lagi harus nambah setoran kalau mau polisnya berlanjut. Simpelnya, semakin banyak bintang, maka ilustrasi/proposal tersebut semakin tidak baik karena usia polis semakin pendek. Apalagi jika bintang-bintang itu muncul di kolom investasi 18%. Apa artinya? Artinya dengan perkiraan pertumbuhan investasi yang bagus/tinggi saja tidak nutup.

Ketiga, pilihan proteksi

Mana proteksi yang dibutuhkan atau paling diprioritaskan buat Anda. TAPRO menyediakan fitur proteksi utama yang terdiri dari: (1) proteksi dasar (UP jiwa) yaitu UP yang diterima saat yang bersangkutan meninggal dunia atau sering disebut sebagai UP warisan, (2) proteksi kecelakaan dan cacat, (3) proteksi cacat total, (4) rawat inap. Nah, dari keempat ini mana saja yang akan Anda ambil? Mana yang nominal asuransinya mau digedein. Misalnya yang Anda inginkan adalah untuk warisan saja, maka yang lain tidak usah diambil. Dengan demikian UP warisan akan sangat tinggi. Tapi kalau Anda misalnya membutuhkan juga untuk kecelakaan misalnya, maka tentu saja itu akan menurunkan UP warisannya. Demikian juga seterusnya. Makin banyak fitur yang diambil, maka nominal yang diterima makin kecil dan secara otomatis juga usia polis makin pendek.

Nah, dengan demikian, yang tahu betul mana-mana-nya yang akan diambil dan diprioritaskan sebenarnya adalah nasabah. Makanya sebelum deal semua ini harus dijelasakn dulu pada nasabah. Kalau misalnya bingung juga, bilang saja begini: pokoknya saya mampunya membayar premi misalnya Ro 500.000,-/bln, tolong buatkan yang terbaik buat saya. Apa yang dimaksud terbaik? Terbaik adalah semaksimal mungkin proteksi dan investasinya, dan usia polis tetap terjaga. Wah, wah… kalau begini sih mau enaknya sendiri, ya? He, he…. Tapi tidak apa, bilang saja begitu tidak masalah. Nah, tentunya Anda harus bilang sama agen yang tepat, kan? Agen yang paham sistem dan amanah, jujur dan bertanggungjawab.

Butuh bantuan? Silahkan hubungi saya:
Tohirin
081906091083, PIN BB: 7D14F433

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s