Tips Berasuransi sesuai Budget dan Kebutuhan

uangSalam sehat! Tulisan ini terutama saya tujukan bagi mereka yang mempunyai budget kecil (kisaran Rp 300.000 sampai Rp 500.000 per bulan) dan belum mempunyai asuransi (baik dari kantor maupun asuransi mandiri).

TAPRO (UNIT LINK) Allianz atau pun UNIT LINK di perusahaan asuransi lain umumnya menyediakan beberapa manfaat utama yang terdiri dari: 1) asuransi jiwa (manfaat dasar), 2) cacat tetap dan meninggal karena kecelakaan, 3) cacat tetap total baik kecelakaan maupun karena sebab lain, 4) penyakit kritis (untuk Allianz 100 jenis penyakit kritis), 5) rawat inap. Semua manfaat ini tentu saja penting dan sangat baik jika kita ambil semuanya. Masalahnya adalah, jika dana kita terbatas ditambah usia sudah tua, santunan (uang pertanggungan) yang didapat jatuhnya sangat kecil sehingga tidak memenuhi ukuran yang layak untuk sebuah pertanggungan asuransi yang kita butuhkan.

Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengambil beberapa saja sesuai dengan prioritas kebutuhan kita. Pilihannya adalah antara penyakit kritis atau rawat inap. Kenapa harus memilih salah satunya? Karena dua manfaat ini sama-sama agak mahal sehingga kalau diambil semuanya dengan premi kecil tidak mencukupi atau uang pertanggungannya menjadi sangat kecil. Dengan demikian, paket yang bisa dipilih adalah: PEKET SATU (asuransi jiwa, cacat tetap karena kecelakaan, cacat tetap total, 100 jenis penyakit kritis). PAKET DUA (asuransi jiwa, cacat tetap karena kecelakaan, cacat tetap total, rawat inap).

Berikut ini ringkasan manfaat untuk PAKET SATU:

PAKET SATU

Ringkasan Manfaat Paket Satu (klik gambar untuk memperbesar)

Berikut ini ringkasan manfaat untuk PAKET DUA:

PAKET DUA

Ringkasan Manfaat Paket Dua (klik gambar untuk memperbesar)

PAKET DUA RAWAT INAP

Tabel Rawat Inap (klik gambar untuk memperbesar)

Kedua paket ini tentu akan ditambah dengan fitur PAYOR B. BASIC, yaitu manfaat tambahan (rider) yang berfungsi untuk bebas bayar premi jika kita mengalami cacat yang membuat kita tak bisa lagi mencari uang, dan PAYOR B. TUPR jika kita menambahkan Top Up untuk investasi. Kedua PAYOR ini biasanya secara otomatis akan ditambahkan oleh agen karena keduanya sangat penting untuk mempertahankan kelangsungan polis (kecuali agen tersebut memang tidak paham akan hal ini – maaf, mungkin agen baru/kurang belajar).

Oh, iya, ada satu lagi. Di samping manfaat-manfaat di atas, baik yang ada di PAKET SATU maupun PAKET DUA, masih ditambah lagi dengan manfaat perolehan investasi. Jadi, dana yang dibayarkan (sebenarnya ditabungkan) itu sudah otomatis sebagiannya diinvestasikan sehingga nasabah juga mendapatkan keungtungan investasi. Nah, jika nasabah menginginkan investasinya lebih besar, ia bisa menambahkan dana khusus untuk investasi melalui fitur Top Up. Berapa keuntungan investasi yang diterima? Tentu saja sesuai dengan fitur investasi yang dipilih nasabah dan perkembangan investasi yang ada.

Sebagai catatan tambahan: premi Rp 300.000/ Rp 500.000 per bulan yang saya sebut di atas sebagai premi kecil ini sebenarnya bisa jadi terhitung besar (bisa mendapat manfaat besar) bagi yang usianya masih muda. Artinya, makin muda berarti semakin murah untuk berasuransi. Begitu juga sebaliknya. Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.[]

Jika belum jelas, saya senang hati untuk membantu Anda.
Silahkan hubungi saya:

Tohirin
Hp: 081906091083, PIN BB: 7D14F433
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s