Tugas Agen Asuransi selain Jualan

agen asuransiTugas agen asuransi adalah menjual asuransi. Betul sekali. Seorang agen harus memasarkan produk asuransi. Tapi di luar itu dia punya kewajiban lain. Inilah perbedaan agen asuransi dengan produk lain. Hubungan antara agen (penjual) dan nasabah (pembeli) adalah hubungan jangka panjang. Pekerjaan utama seorang agen tidak berhenti pada sekedar menjual. Tapi yang tak kalah penting jutru pelayanan purna jual. Minimal ada dua tugas pokok baginya selain berjualan:

Pertama, setelah menjual, ia berkewajiban untuk melayani dan membantu nasabah yang bersangkutan berkaitan dengan berbagai hal terkait dengan asuransi, termasuk ketika nasabah mau mengajukan klaim. Di sinilah ia berperan bukan hanya sebagai sales, tapi sebagai partner, pelayan, juga konsultan dari nasabah yang bersangkutan. Jadi Seorang agen mempunyai hubungan jangka panjang dengan nasabah. Inilah tugas utama seorang agen asuransi.

Kedua, mengedukasi masyarakat berkaitan dengan masalah asuransi. Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia termasuk sangat tertinggal. Kesadaran berasuransi masyarakat masih sangat rendah. Apa artinya? Artinya masyarakat Indonesia masih sangat awam dengan perencanaan keuangan jangka panjang dan masyarakat yang tidak punya kesiapan dalam menghadapi resiko. Kita tahu bahwa salah satu tujuan utama asuransi adalah untuk menanggulangi kedua hal ini. Keawaman masalah asuransi ini tidak hanya terjadi pada masyarakat bawah. Tapi yang lumayan berpendidikan pun, S1, bahkan S2 masih banyak yang tidak tahu manfaat dan pentingnya asuransi.

Karenanya, agen asuransi harus mempunyai kesadaran moral untuk menjalankan tugas ini. Di samping harus semangat jualan, ia juga harus mempunyai kesadaran yang tinggi untuk membantu masyarakat. Membantu dalam hal apa? Tentu saja membantu mereka untuk menyiapkan perencanaan keuangan jangka panjang. Misalnya menyiapkan dana pendidikan, menyiapkan dana pensiun, belajar berinvestasi, menyiapkan diri saat menghadapi resiko misalnya penanggung nafkah keluarga meninggal, saat kecelakaan, ataupun saat sakit. Semua ini adalah problematikan nyata yang dihadapi masyarakat dan kebanyakan belum sadar untuk membuat perencanaan jangka panjang untuk semua hal itu. Tanggungjawab moral terhadap nasabah adalah yang pertama harus disadari bagi setiap agen asuransi sebelum ia jualan.

Jika belum jelas, saya senang hati untuk membantu Anda.
Silahkan hubungi saya:

Tohirin
Hp: 081906091083, PIN BB: 7D14F433
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Agen asuransi, Bisnis Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Tugas Agen Asuransi selain Jualan

  1. Ping balik: Tamatan S2 Kok Jualan Asuransi? | Kabar Asuransi

  2. Ping balik: Kelebihan Bisnis Asuransi | Kabar Asuransi

  3. Ping balik: Siapa Yang Cocok Jadi Agen Asuransi? | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s