Dua Pilihan Asuransi Pendidikan

tabungan-pendidikanBagi para orangtua yang sedang mencari asuransi pendidikan, berikut ini saya sampaikan uraian singkat yang barangkali dapat membantu. Berkenaan dengan penyiapan dana pendidikan, asuransi Allianz, dan asuransi lain pada umumnya, menawarkan 2 jenis produk: pertama, asuransi tradisional, nama produknya MY EDUCATION. Kedua, asuransi modern, nama produknya TAPRO (Tabungan Proteksi), atau yang disebut dengan UNIT LINK. Para nasabah sering tidak paham dengan kedua jenis produk ini sehingga terkadang terjadi salah kaprah. Mari kita bahas satu per satu secara singkat:

Pertama, MY EDUCATION. Produk ini sebenarnya juga produk asuransi jiwa. Maksudnya, asuransi dasarnya adalah asuransi jiwa. Jadi meskipun tujuan utamanya adalah pendidikan kita tetap wajib ambil pertanggungan jiwa-nya. Tapi ia menjanjikan nilai tunai yang dapat diambil secara bertahap. Dana tahapan inilah yang dimaksudkan sebagai dana pendidikan yang jumlahnya jauh lebih besar dari santunan asuransi jiwa-nya. Karena itulah sering disebut dengan “asuransi pendidikan” saja. Dana tahapan pendidikan ini bersifat pasti dan dapat dicairkan secara bertahap pada tahun polis tertentu sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Nasabah juga bisa mengambil masa bayar tertentu. Misalnya dia ambil masa bayar 17 tahun dengan asumsi anak saat masuk asuransi baru usia satu tahun sehingga pada usia tahun ke tujuh belas dia masuk Perguruan Tinggi. Setelah habis masa bayar (17 tahun) maka otomatis dia tak berkewajiban setor lagi, tapi dana tahapan itu masih tetap keluar secara bertahap sampai sekitar tahun ke 22 (estimasi lulus kuliah).

Kedua, TAPRO (Tabungan Proteksi). Fokus utama produk ini sebenarnya adalah asuransi jiwa dengan beberapa tambahan manfaat asuransi sesuai dengan kebutuhan. Namun karena asuransi model ini menggabungkan dengan investasi (dana nasabah yang disetor diinvestasikan), maka otomatis pada tahun-tahun tertentu (umumnya setelah tahun kelima) juga sebagian dana yang terkumpul juga bisa dicairkan dan dapat digunakan sesuai kebutuhan nasabah, salah satunya adalah untuk dana pendidikan.

Nah, untuk lebih jelasnya, saya buatkan tabel persamaan dan perbedaan antara keduanya, sebagai berikut:

tabel manfaat asuransiBingung ya? Singkatnya begini, MY EDUCATION itu seperti nabung. Jadi nilai pengembaliannya bersifat pasti, tapi nominalnya lebih kecil jika dibandingkan TAPRO. Tapi sekecil-kecilnya pun masih lebih bagus ketimbang anda nabung biasa, bahkan lebih bagus dibandingkan dengan deposito. Kalau TAPRO ini investasi. Jadi dana yang diterima jauh lebih besar ketimbang MY EDUCATION. Tapi sifatnya fluktuatif (tidak pasti) sesuai dengan perkembangan pasar. Tapi jangan khawatir, untuk jangka panjang insya Allah aman.

Butuh bantuan, silahkan hubungi saya:

Tohirin
Hp: 081906091083, PIN BB: 7D14F433
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Pendidikan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Dua Pilihan Asuransi Pendidikan

  1. Ping balik: Manfaat Investasi TAPRO | Melayani Sepenuh Hati

  2. Ping balik: Baru Nikah, Belum Hamil, Apakah Bisa Ambil Asuransi Pendidikan? | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

  3. Ping balik: Tips Memilih Asuransi untuk Anak | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s