Asuransi Itu Selagi Sehat

RAWATHari ini saya mendapat telepon dari seorang ibu. Beliau minta tolong untuk didaftarkan asuransi untuk ibundanya tercinta. Rupanya ibu ini mendapat nomor kontak saya dari blog saya: www.kabarasuransi.com. Beliau minta dipilihkan produk terbaik Allianz yang cocok dengan ibundanya.

Ibu : Assalamu’alaikum
Saya : Wa’alaikum salam.
Ibu : Ini dengan agen asuransi Allianz.
Saya : Betul, Bu. Saya Tohirin, agen asuransi Allianz. Ada yang bisa saya bantu, Bu?
Ibu : Saya ingin daftar asuransi untuk ibu saya. Usianya sudah agak lanjut. Apakah bisa?
Saya : Oh, bisa, Bu. Sangat bisa.
Ibu : Tapi ibu saya sekarang sedang dirawat inap. Saya pakai BPJS. Tapi agak ribet nih. Penangannaya juga kayaknya kurang maksimal. Saya pingin pakai asuransi swasata saja.
Saya : Baik Bu, tolong SMS kan nama dan tgl-bln-lahir ibunda ya.

Awalnya saya sangat semangat ingin membantu ibu yang kelihatannya sedang sangat membutuhkan asuransi. Tapi begitu si ibu menyebut ibundanya sedang dirawat saya jadi tertegun lesu. Sebab untuk ambil asuransi swasta, apa pun jenis perusahaannya ada syarat pre existing condition yang arti simpelnya: saat itu calon nasabah harus dalam kondisi sehat. Nah, dalam kasus ini tentu ibunda yang sedang dirawat tidak bisa langsung daftar asuransi.

Kalau begitu apa gunanya asuransi? Nah, di sinilah seringkali banyak yang tidak paham. Asuransi itu menerapkan prinsip “Sedia Payung Sebelum Hujan”. Berasuransi itu mirip dengan menabung. Kenapa mirip? Bedanya uang yang disetorkan tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Tapi kelebihannya, jika yang bersangkutan terjadi apa-apa uang pertanggungan langsung keluar dalam jumlah yang cukup banyak. Misalnya kita asuransi dengan premi Rp 500 ribu perbulan, ambil uang pertanggungan penyakit kritis misalnya Rp 500 juta, sewaktu-waktu kita sakit, maka uang itu tetap keluar. Tidak harus menunggu uang yang kita setor mencapai jumlah itu. Tapi syaratnya ya itu tadi. Pada saat daftar memang harus dalam kondisi sehat.

Kalau misalnya dalam perjalanannya kita sehat terus bagaimana? Rugi dong? Tentu saja tidak rugi. Dengan berasuransi kita mendapatkan rasa aman, ketenteraman. Ibaratnya gini, kalau ada orang bayar satpam tapi tak pernah kemalingan, apakah itu bisa dikatakan rugi? Tidak kan?

Tapi alasan semacam ini terkadang belum bisa diterima. Sebab terkadang, bahkan mungkin banyak orang yang merasa akan sehat terus, bahkan merasa dapat mengatur kematian sehingga merasa rugi jika hanya mendapat yang namanya “rasa aman” ini.
Nah, di sinilah kemudian muncul asuransi modern yang disebut dengan TAPRO (Tabungan Proteksi). Ketika nasabah sepanjang hidupnya tidak sakit, maka ia tetap mendapatkan nilai tunai. Nilai tunai yang ia dapat adalah warisan. Uang yang ia setorkan akan menjadi warisan bagi keluarganya. Kedua, karena TAPRO menggabungkan asuransi dengan investasi, pada tahun-tahun tertentu, terutama jika hasil investasi baik, nasabah juga bisa mencairkan sebagian hasil investasinya.

Intinya, berasuransilah selagi sehat. Sebab ketika sudah sakit (parah) tak ada lagi perusahaan asuransi yang mau terima. Toh, uang yang kita setorkan tidak hangus begitu saja. Kalau sudah sakit tapi tetap mau asuransi solusinya ya BPJS itu tadi, yang tentunya juga dengan pelayanan standar BPJS yang sudah ditentukan.[]

Butuh penjelasan lanjut? Atau butuh bantuan?

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan, Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Asuransi Itu Selagi Sehat

  1. Ping balik: Asuransi Itu Selagi Muda | Melayani Sepenuh Hati

  2. Ping balik: Lengkapi Ikhtiar dengan Asuransi | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s