Perbedaan antara Nabung dan Asuransi

nabung2Beberapa calon nasabah yang saya tawari asuransi umunya menanyakan dua hal: 1) Itu uang yang saya setor utuh nggak, ya? 2) Itu uang yang saya setor bisa saya ambil sewaktu-waktu butuh tidak, ya? Melihat pertanyaan ini, agaknya mereka memahami asuransi seperti halnya menabung. Memang tidak sepenuhnya salah, tapi ada perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Pertama, dari segi tujuannya.

Tujuan utama menabung adalah untuk mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu dalam waktu tertentu. Uang yang terkumpul nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan apa saja sesuai dengan kebutuhan orang yang bersangkutan. Sedangkan tujuan utama asuransi adalah proteksi dan penyiapan warisan. Uang pertanggungan nantinya akan digunakan untuk biaya pengobatan jika sewaktu-waktu sakit dan untuk warisan.

Kedua, dari segi pengambilannya.

Tabungan dapat diambil kapan saja. Sedangkan asuransi tidak bisa demikian. Untuk beberapa jenis asuransi (asuransi tradisional) bahkan tidak bisa diambil sama sekali dalam rentang waktu kontrak. Bahkan jika tidak terjadi klaim pada rentang waktu kontrak uang yang disetorkan hangus. Rugi dong? Mungkin menurut sebagian orang demikian, tapi menurut sebagian yang lain tidak. BACA DI SINI.

Tapi jangan khawatir, sekarang ada asuransi yang dapat juga dicairkan nilai tunainya. Nama produknya TAPRO (Tabungan Proteksi). Pada asuransi jenis ini, uang yang disetorkan nasabah diinvestasikan, sehingga jika pasar investasi bagus nasabah dapat mengambil nilai tunai investasinya. Kapan bisa diambil? Umunya minimal setelah 5 tahun. Jumlahnya tentu saja sesuai dengan perkembangan investasi. Hebatnya, pertanggungan asuransinya tetap berjalan hingga yang bersangkutan berusia 100 tahun.

Ketiga, nilai tunai yang terkumpul/diterima.

Untuk tabungan, nilai tunai yang terkumpul tentunya sejumlah yang disetorkan. Memang benar, secara nominal boleh jadi lebih. Karena bank memberikan bunga bagi penabung. Tapi jumlahnya tidak seberapa. Lagipula tabungan dalam jumlah banyak dikenakan pajak yang cukup tinggi, belum lagi jika menghitung laju inflasi.

Sedangkan asuransi, nilai tunai yang terkumpu/diterima, sesuai dengan akad kontrak. Jika nasabah kontrak dengan nilai pertanggungan umpamanya 1 miliar, maka yang akan ia dapat juga 1 miliar meskipun misalnya dia baru setor satu juta. Untungan asuransi dong? Tergantung tujuannya mau apa dulu? Dan, sekali lagi untuk produk TAPRO masih ditambah lagi dengan imbalan investasi yang dapat dicairkan setelah 3-5 tahun polis berjalan.

Keempat, dari segi kewajiban setor.

Tabungan dapat disetor kapan saja, nominalnya juga terserah penabung. Pada saat penabung tidak bisa setor, misalnya karena terserang penyakit kritis atau cacat yang membuatnya kehilangan mata pencaharian, maka otomatis tabungan stop. Bahkan besar kemungkinkan akan terkuras habis untuk biaya pengobatan.

Sedangkan asuransi TAPRO hanya bisa disetor dengan cara: bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, tahunan, dan sekali setor di muka. Bedanya lagi, jika sewaktu-waktu yang bersangkutan tidak bisa setor karena sakit kritis atau cacat, maka setoran ditanggung perusahaan alias nasabah bebas setor. Sedangkan uang pertanggungan yang dijanjikan juga tetap berjalan hingga yang 100 tahun. Demikian, semoga bermanfaat.[]

Butuh bantuan?
Silahkan hubungi saya:

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Perbedaan antara Nabung dan Asuransi

  1. wisda berkata:

    Buruan yuukk nabung di danamon

    Danamon Lebih

    MANFAAT

    A. Danamon LEBIH merupakan produk tabungan yang memberikan fitur 5 Kelebihan dalam 1 Tabungan yaitu:

    -Bebas Biaya Admin: Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
    -Cashback 5%: Nasabah akan mendapatkan cashback dalam transaksi pembelanjaan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Danamon LEBIH (minimal Rp200.000 per transaksi, cashback sebesar 5% dan maksimum Rp50.000 per bulan)
    -Transfer Lebih Murah dan Bebas Biaya Tarik Tunai: Bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama dan ALTO (minimum saldo sebelum transaksi Rp5 juta). Maksimal 100 kali dalam 1 (satu) bulan
    -Gratis Asuransi Jiwa: Nasabah akan berhak mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan secara Gratis senilai Rp10 Juta selama 6 bulan sejak tanggal pembukaan rekening
    -Banyak Hadiah

    Minat call me yaa 085330632277

  2. Ping balik: Tips Memilih Asuransi untuk Anak | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

  3. Ping balik: Fokus Nabung dan Santunan Rawat Inap 1,5 Per Hari | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

  4. Ping balik: Menghitung Keuntungan dan Kerugian Berasuransi | ASURANSI JIWA DAN KESEHATAN

  5. Ping balik: Asuransi Unit Link Tidak Gambling dan Pasti Untung | ASURANSI JIWA DAN KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s