Beli Asuransi sebaiknya Melalui Bank atau Agen?

beli asuransiAsuransi umunya dapat dibeli melalui agen asuransi. Namun banyak juga bank yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi dan menawarkan produk asuransi kepada nasabah. Jadi bank bertindak sebagai pihak yang menyalurkan penjualan alias agen. Nah, calon nasabah tentu saja boleh memilih mana yang menurutnya baik dan lebih nyaman. Namun demikan, berdasarkan pengalaman, saya akan berbagi cerita dan barangkali ini dapat menjadi salah satu pertimbangan ketika Anda akan membeli asuransi.

Suatu hari, sesaat setelah saya posting tulisan yang berjudul: APAKAH ASURANSI SAYA AMAN? Di facebook, saya langsung mendapat message inbox dari kawan saya. Dia menceritakan pengalaman pahitnya berasuransi. Sudah hampir setahun katanya dia belum dapat polis. Padahal setiap bulannya rekeningnya selalu di debete. Spontan, saya langsung memberi saran:

“Hubungi agen yang jual aja. Dia kan bertanggungjawab untuk  melayani nasabah”.
“Wah, saya itu belinya tidak melalui agen. Waktu itu saya beli lewat bank.”
“Oh, ya udah, hubungi saja banknya.”
“Sudah, cuma jawaban tidak jelas gitu”.
“Produknya apa? Nomor polisnya berapa?”
“Wah, itu dia. Saya juga tidak tahu. Orang polisnya saja saya belum dapet. Waktu itu Cuma via telepon sama SMS.”
“Oh, kalau gitu telepon aja langsung ke Allianz.”

Saya langsung SMS nomor telepon Allianz. Pengalaman saya, kasus seperti itu biasanya langsung dilayani dan ditangani dengan cepat. Seminggu kemudian ia kembali menghubungi saya. Ternyata masalahnya belum klar juga. Polis belum juga dikirim katanya.

Masalahnya hemat saya sebenarnya simpel. Kita tingga cek data di sana. Meskipun polis fisik tidak ada, asalkan memang terdaftar dengan benar, datanya semua ada di sana. Bahkan kita bisa cek polisnya secara online melalui Customer Online Portal.

Nah, berdasarkan pengalaman ini, saya mempunyai beberapa masukan bagi para calon nasabah yang akan membeli asuransi. Memang benar, membeli asuransi bisa melalui bank atau agen personal. Tapi keduanya memang ada bedanya. Membeli asuransi melalui agen personal hemat saya lebih memudahkan nasabah (tanpa bermaksud mendiskreditkan bank lho ya). Hal ini karena beberapa alasan:

Pertama, membeli melalui agen sifatnya lebih kekeluargaan. Calon nasabah dapat bertemu langsung dengan agen, di mana pun, kapan pun, dan dengan situasi yang lebih nyantai. Di sinilah dapat terbangun perkenalan yang lebih akrab. Hal ini memungkinkan nasabah bartanya dan berdiskusi panjang lebar sehingga nantinya benar-benar jelas produk apa dan manfaat apa yang akan ia beli. Perkenalan ini tentu saja penting karena membeli asuransi adalah membutuhkan pelayanan jangka panjang.

Berbeda dengan pembelian melalui bank yang bersifat formal dan umumnya hanya melalui pesawat telepon. Marekting bank biasanya kan bicara monolog panjang kali lebar yang membuat calon nasabah tak berpeluang banyak untuk bertanya-tanya. Apalagi jika telepon diterima pada saat yang kitanya sedang tidak mood. Tapi gara-gara dicecar terus menerus akhirnya ambil asuransi juga. Padahal sebenarnya belum paham produk macam apa yang ia beli.

Kedua, agen akan mengantar polis ke rumah Anda. Dengan demikian, kasus seperti yang dialami oleh kawan saya ini seharusnya tidak terjadi jika saja asuransinya dibeli melalui agen. Layanan yang diberikan agen ini tidak hanya sebatas mengantar polis. Tapi termasuk juga kalau di kemudian hari ada masalah atau ada beberapa hal yang ingin ditanyakan, maka nasabah bebas 24 jam untuk mengontak agen (kalau SMS pas tidur misalnya pukul 00.00 tentu dibalasnya pagi ya, he, he..).

Lantas, bagaimana kalau agennya kabur atau non aktif? Tenang saja, kalau agen yang bersangkutan misalnya sudah non aktif, maka tanggungjawab akan diambil alih/dilimpahkan pada agen di atasnya (leader-nya). Tapi terus terang, bagaimana pun seorang nasabah mestinya tahu hal-hal dasar terkait dengan asuransinya, sehingga tidak semuanya mengandalkan agen. Dan… salah satu tugas agen step by step ia harus mengedukasi nasabah agar ia menjadi nasabah yang cerdas dan mandiri. Demikian, semoga bermanfaat. Selamat berasuransi.[]

Jika membutuhkan bantuan, silahkan hubungi saya:

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Beli Asuransi sebaiknya Melalui Bank atau Agen?

  1. Ping balik: Polis Tidak Nyampai ke Rumah | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s