Jadilah Nasabah yang Mandiri

mandiriAsuransi adalah kontrak hukum yang mengikat antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Namun demikian, pada praktiknya di lapangan, perusahaan asuransi diwakili oleh seorang agen. Benar bahwa agen tersebut bertugas melayani Anda jangka panjang. Namun akan lebih baik jika kita sendiri sebagai nasabah paham dengan asuransi yang kita beli sehingga kita dapat turut mengawal, memantau, melakukan klaim, dan hal-hal lain yang dibutuhkan terkait dengan asuransi kita. Terlebih lagi tidak semua agen terkadang juga benar-benar menguasai tentang asuransi (terutama agen pemula, agen malas belajar, dan agen yang [maaf] motifnya hanya cari duit).

Bagiamana menjadi nasabah yang mandiri?

Pertama, baca  dan cermati ilustrasi asuransi yang dibuat Agen, apakah sudah sesuai dengan yang kita butuhkan. Oia, berkenaan dengan hal ini, pengalaman saya banyak calon nasabah yang tidak paham dengan asuransi sehingga yang diminta terkadang malah tidak sesuai dengan tujuan asuransi. Nah, jika [maaf] Anda termasuk tipe ini, maka berkonsultasilah dengan agen, ceritakan kondisi-kondisi Anda dan minta masukan sebaiknya bagaimana asuransi yang tepat.

 Kedua, bacalah buku polis. Dalam buku itu tercantum dengan jelas hak dan kewajiban serta perincian lain yang berkenaan dengan asuransi Anda. Secara singkat beberapa hal penting yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut:

  • Apa saja yang ditanggung dalam asuransi itu?
  • Berapa uang pertanggungannya?
  • Berapa tahun masa pertanggungannya?
  • Bagaimana cara mengajukan klaim?

 Ketiga, jika asuransi kesehatan atau asuransi jiwa (ini khusus bidang yang saya tahu ddi Allianz), maka daftarkan polis Anda secara online. Dengan demikian Anda dapat memantau polis, terutama untuk jenis asuransi TAPRO/UNIT LINK secara online.

 Keempat, bukalah web perusahaan asuransi tersebut. Dalam web ini Anda bisa mengenal lebih jauh perusahaan tersebut. Di sana tentunya juga tersedia berbagai informasi penting berkenaan dengan asuransi.  Jika agen Anda mempunyai web/blog akan lebih baik jika Anda juga membuka dan mempelajarinya. Berilah komentar dan tanyakan hal-hal penting yang belum Anda ketahui di kolom comment bog tersebut. Misalnya blog berikut: www.kabarasuransi.com

Demikian, semoga bermanfaat. Selamat berasuransi.[]

 Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jadilah Nasabah yang Mandiri

  1. Ping balik: Kenali Agen Asuransi Anda | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s