Baru Nikah, Belum Hamil, Apakah Bisa Ambil Asuransi Pendidikan?

pendidikanAnak belum punya, malah hamil saja belum, tapi sudah mau ambil asuransi pendidikan, bolehkah? Tentu saja boleh, bagus itu, boleh banget. Itu namanya orangtua yang siaga. Untuk daftar asuransi pendidikan itu bukan atas nama anak, tapi atas nama orangtua. Jadi lebih cepat ambil akan lebih bagus. Asuransi pendidikan itu umumnya memakai produk tradisional. Kalau di Allianz nama produknya MY EDUCATION. Produk ini sebenarnya termasuk produk asuransi jiwa. Tapi ada nilai tunai yang dapat dicairkan secara bertahap, umumnya mulai dari tahun ke lima atau keenam polis. Jadi kalau misalnya baru 2 tahun daftar asuransi kemudian anak sudah keburu masuk sekolah tidak bisa mencairkan dana dong? Betul sekali. Makanya harus ambil jauh-jauh hari.

Tapi ada juga yang tidak mau ambil asuransi sebelum benar-benar punya anak. Alasannya takut kecewa. Anak kan amanah Allah. Iya kalau punya anak, kalau tidak nanti jadi sedihnya dua kali karena sudah disiapin asuransi pendidikan segala.
Nah, kalau memang demikian, saya punya solusinya. Hemat saya, bagaimana pun segala hal harus direncanakan dan disiapkan sejak jauh-jauh hari. Jika memang demikian alasannya, hemat saya tetap saja ambil asuransi. Tapi produknya jangan MY EDUCATION. Ambil saja produk TAPRO (Tabungan Proteksi).

Kenapa ambil produk ini? Ini adalah produk yang menggabungkan antara asuransi dan investasi. Nah, hasil investasi itu nantinya bisa kita gunakan apa saja, fleksibel, termasuk bisa juga untuk dana pendidikan. Kalau pun tidak juga tak masalah. Karena nilai investasinya akan terakumulasi terus hingga usia polis berakhir (100 tahun). Berbeda dengan asuransi pendidikan murni yang masa kontraknya umumnya hanya sampai tahun ke 23. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya yang ini: Dua Pilihan Asuransi Pendidikan

Contoh Ilustrasi
Sebagai gambaran, berikut ini saya buatkan ilustrasi TAPRO yang diproyeksikan untuk asuransi pendidikan. Di sini saya ambil contoh untuk nasabah berusia 30 tahun dengan premi bulanan sebesar Rp 500.000,-. Manfaat yang didapat adalah:

  1. Warisan sewaktu-waktu meninggal = Rp. 100.000.000,-
  2. Jika terkena 100 kondisi penyakit kritis (CI 100 syariah) < 100 thn = Rp. 100.000.000,-
  3. Bebas setoran, jika terkena salah satu dari 49 jenis penyakit / cacat tetap total.
  4. Tarik tunai dana pendidikan pada tahun ke-5 (masuk SD)= Rp. 10.000.000,-
  5. Tarik tunai dana pendidikan pada tahun ke-11 (masuk SLTP)= Rp. 20.000.000,-
  6. Tarik tunai dana pendidikan pada tahun ke-14 (masuk SLTA)= Rp. 20.000.000,-
  7. Tarik tunai dana pendidikan pada tahun ke-17 (masuk Perguruan Tinggi)= Rp. 40.000.000,-
  8. Hasil investasi (proyeksi return 18%) di usia ke 50 tahun sebesar Rp 134.175.000,- Proyeksi return 13%: Rp 335.697.000,- (bisa untuk dana pensiun).

Berbeda dengan asuransi pendidikan murni yang pencairan nilai tunainya sudah ditentukan sesuai tahun polis. Pada produk ini, pencairan dana sebenarnya diserahkan pada nasabah. Tidak harus persis pada tahun-tahun di atas. Namun umunya tetap di atas 5 tahun (setelah polis memasuki 5 tahun alias di awal tahun keenam). Tentu saja semua itu melihat perolehan hasi investasi. Demikian, semoga bermanfaat.[]

Jika butuh bantuan, silahkan hubungi saya:

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Pendidikan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Baru Nikah, Belum Hamil, Apakah Bisa Ambil Asuransi Pendidikan?

  1. wah 😀 di coba juga ya mas Asuransi Pendidikan Dari Prudential Indonesia ?? dan lihat hasilnya memuaskan apa enggak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s