Askes Murni dan Askes Tambahan (Rider)

perbedaanAsuransi kesehatan sebenarnya sudah dibedakan dengan asuransi jiwa. Namun demikian, pada asuransi jiwa itu sendiri terdapat pula menu tambahan (rider) yang serupa dengan asuransi kesehatan. Di sinilah nasabah terkadang menjadi salah paham antara keduanya. Mari kita bahas satu per satu. Masyarakat memahami bahwa asuransi kesehatan adalah asuransi yang menanggung biaya rumah sakit. Intinya, jika kita sakit maka biaya berobat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Nah, berkenaan dengan hal ini, pada perusahaan asuransi terdapat 2 jenis produk. Pertama, asuransi kesehatan murni. Kedua, asuransi kesehatan tambahan (rider).

Pertama, asuransi kesehatan murni. Asuransi kesehatan murni adalah produk mandiri yang dikhususkan untuk asuransi kesehatan. Asuransi jenis ini menanggung terutama biaya rawat inap. Nasabah juga bisa mengambil menu tambahan rawat jalan pada asuransi ini. Namun, hemat saya, menu tambahan ini tidak disarankan (BACA DI SINI). Askes murni menanggung biaya rawat inap sesuai dengan batasan dan plafon tertentu. Maksudnya, tidak seluruh biaya ditanggung asuransi. Pada ilustrasi/ dalam polis sudah tercantum jenis apa saja yang ditanggung dan berapa besar pertanggungannya.

Di sinilah terkadang nasabah salah paham. Asal sudah ambil asuransi merasa semuanya sudah beres. Padahal dalam polis sendiri sudah tercantum batasan-batasannya. Memang tidak ada asuransi kesehatan yang dapat menanggung semua biaya? Ada. Silahkan klik DI SINI.

Asuransi kesehatan murni biasanya memberlakukan kontrak tahunan. Pada akhir tahun nasabah harus menkonfirmasi kembali untuk melanjutkan atau tidaknya. Kecuali itu juga ada syarat-syarat tertentu terutama terkait dengan kesehatan nasabah. Jika pada tahun pertama sudah klaim dan sakit yang diderita cukup parah, bisa jadi pada tahun kedua ditolak perpanjangannya. Bagaimana jika pada tahun itu misalnya tidak terjadi klaim? Kalau tidak terjadi klaim tentunya tak ada pengembalian alias uang hangus.

Kedua, asuransi kesehatan tambahan (rider). Asuransi jenis ini adalah asuransi kesehatan yang menempel pada asuransi jiwa. Secara istilah memang biasanya tidak disebut dengan asuransi kesehatan (ASKES). Namun demikian fungsinya memang sama. Dari segi pertanggungannya kurang lebih sama dengan askes murni.
Perbedaannya terutama terletak pada masa kontrak. Masa kontraknya disesuaikan dengan asuransi jiwa. Maksudnya flat, tidak kontrak tahunan. Umumnya hingga usia 65 tahun. Hanya saja skemanya biasanya masing-masing perusahaan asuransi berbeda-beda. Ada yang memberlakukan sistem per periode rawat inap, ada juga yang menggunakan limit biaya.

Keuntungan mengambil asuransi kesehatan jenis ini adalah tidak perlu ada perpanjangan per tahun. Artinya, meskipun pada tahun-tahun tertentu misalnya telah terjadi klaim rawat inap, pada tahun berikutnya tetap berjalan dan bisa klaim kembali.
Lantas bagiamana dengan uang yang dibayarkan? Apakah hangus jika tidak terjadi klaim? Karena askes jenis ini adalah askes yang nempel pada asuransi jiwa, maka boleh dibilang tidak hangus. Sebab setidaknya seseorang pasti akan meninggal dunia. Dan pada saat meninggal dunia tentunya terjadi klaim, sebagai dana warisan.
Demikian, semoga bermanfaat.

Jika butuh bantuan, silahkan hubungi saya:

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Askes Murni dan Askes Tambahan (Rider)

  1. Ping balik: Pilihlah Askes dengan Sistem Kartu (Cashless) | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s