Apakah BPJS itu Asuransi?

Logo-BPJS_KesehatanBanyak orang yang belum paham tentang BPJS. Sebagian ada yang bertanya kepada saya; “Mas, apakah BPJS itu asuransi?” Ya. BPJS adalah asuransi. BPJS adalah termasuk jenis asuransi kesehatan murni. Karena itulah di sini juga berlaku prinsip-prinsip asuransi. Nasabah harus membayar premi dan pihak BPJS akan menanggung biaya pengobatan yang bersangkutan.

Namun memang ada banyak perbedaan antara keduanya. Diantaranya adalah, BPJS itu bersifat wajib bagi seluruh warga negara. Jadi ibaratnya gotong-royong dan tolong menolong antar seluruh warga negara. Makanya premi yang dibayarkan sangat murah. Lebih jelas tentang perbedaan BPJS dengan asuransi swasta, KLIK DI SINI.

Lantas bagaimana jika misalnya saya tidak sakit? Apakah uang yang saya bayarkan dikembalikan? Tidak. Namanya juga tolong-menolong. Jika Anda tidak sakit maka uangnya otomatis untuk membiayai warga negara yang sakit. Jadi uang yang dibayarkan hangus. Toh sebenarnya juga tak seberapa, kan? Bandingkan dengan besarnya biaya yang kita terima jika kita sakit?

Berapa besar premi per bulan? Premi per bulan dapat memilih: Rp 25.500 (kelas III), Rp 42.500 (kelas II), dan Rp 59.500 (kelas I). Murah apa murah banget? Tap bagaimana pun barangkali masih ada, bahkan mungkin banyak juga masyarakat yang tidak mampu membayarnya meski untuk kelas III sekali pun. Ok, kalau begitu berarti yang bersangkutan termasuk warga tidak mampu. Nah, untuk katagori ini dia cukup bawa keterangan tidak mampu pada saat daftar dan dibebaskan dari pembayaran premi alias disubsidi pemerintah.

Sakit apa saja yang ditanggung? Semuanya ditanggung BPJS. Dari mulai sakit yang ringan-ringan hingga penyakit kritis sekali pun. Namun demikian, BPJS juga sudah mempunyai standar-standar tertentu, baik berkenaan dengan diagnosa medis mapun obat-obatan yang diberikan. Standar yang diberlakukan biasanya standar dasar.
BPJS bagaimana pun memang masih punya beberapa kekurangan dan batas-batas tertentu. Misalnya mengenai aturan sistem rujukan, keterbatasan rumah sakit yang sudah bekerjasama, sampai pada masalah pelayanan. Pasien BPJS juga tidak bisa berobat ke luar negeri. Ini tentu saha wajar ya. Apalagi dengan premi yang segitu murahnya. Nah, bagi yang menginginkan pelayanan ekstra, maka bisa mengambil asuransi swasta. Anda bisa ambil rider surgical and hospital care atau ambil SmartMed Premier. klik DI SINI.[]

Jika butuh bantuan, silahkan hubungi saya:

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s