Home / Asuransi Jiwa / Asuransi untuk Dana Pensiun

Asuransi untuk Dana Pensiun

pensiunBukan PNS, bisakah menyiapkan dana pensiun? Bisa dong. Caranya adalah dengan daftar asuransi. Ada 2 jenis produk yang bisa digunakan untuk menyiapkan dana pensiun ini: My Future dan TAPRO. Mari saya jelaskan satu per satu.

Pertama, My Future. Pada produk ini Anda bisa memilih mau pensiun pada usia ke berapa? Usia pensiun mulai dari usia 50 – 60 tahun. Adapun masa bayarnya Anda bisa pilih mulai dari 5 hingga 30 tahun. Setelah itu tidak bayar lagi? Betul. Adapun dana pensiunnya tentunya akan diberikan setelah Anda menginjak tahun pensiun yang Anda tentukan tadi. Jika Anda ambil pensiun di usia 60 tahun misalnya, maka mulai usia itulah dana pensiun cair secara bertahap.

Berikut ini saya buatkan ilustrasi seorang pemuda usia 27 tahun yang ambil produk My Future dengan masa bayar 30 tahun, premi kisaran 300 ribu per bulan, dengan tambahan rider pembebasan premi (jika yang bersangkutan mengalami sakit kritis). Premi yang harus disetor kisaran 300 ribu per bulan. Karena tidak bisa bayar bulanan, maka dibayar per semester dengan total premi per semester Rp 3.227.521,- Manfaat dana pensiun yang diterima adalah sebagai berikut:

Manfaat pensiun
Manfaat Pensiun

Kedua, Tabungan Proteksi (TAPRO). Produk ini sebenarnya produk asuransi jiwa. Namun karena ia digabungkan dengan program investasi, maka ia bisa diproyeksikan untuk merencanakan dana pensiun. Karena produk ini adalah produk asuransi jiwa, untuk mengambilnya tentunya harus ambil asuransi jiwanya. Lantas dari manakah dana pensiun diterima? Dana pensiun diterima dari return investasinya. Oleh karena itu, maka maksimalkan pada sisi investasinya supaya mendapat return yang tinggi. Misalnya dengan menambahkan dana khusus (Top Up) untuk investasi.

Berikut ini saya buatkan ilustrasi yang sama: seorang pemuda, usia 27 tahun, ambil masa bayar 30 tahun, dan ingin pensiun pada usia ke-60. Besar premi yang harus disetor: 300 ribu per bulan. Bisa dibayar bulanan. Dana pensiun yang diterima pada usia ke-60 sekitar: Rp 999.459.000,- (bisa diambil secara tunai/ tidak bertahap). Berikut ilustrasinya:

Lihat pada bagian yang diberi warna kuning
Lihat pada bagian yang diberi warna kuning

Jika butuh bantuan, silahkan hubungi saya:

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32

About mastomasto

Check Also

Usia Sudah Tua, Sementara Anak Masih Kecil-kecil, Begini Cara Mempersiapkan Masa Depan Mereka

Tak jarang pasangan suami istri menikah di usia yang sudah tak remaja lagi. Ada juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *