Home / Asuransi Jiwa / Apa itu TAPRO?

Apa itu TAPRO?

unit link terbaikTAPRO (Tabungan Proteksi) atau yang sering juga disebut dengan Unit Link adalah produk asuransi modern yang menggabungkan antara asuransi dan investasi. TAPRO merupakan penyempurna dari produk-produk asuransi sebelumnya (asuransi tradisional – silahkan baca: Sejarah TAPRO). Dengan TAPRO, nasabah diberi kemudahan untuk berasuransi dengan berbagai jenis pilihan sekaligus berinvestasi. Hampir semua kebutuhan asuransi nasabah mulai dari asuransi jiwa, hingga asuransi kesehatan, bahkan pendidikan dan dana pensiun bisa menggunakan TAPRO (all in one). Saya menyebutkan sebagai asuransi SAPU JAGAT.

Pada dasarnya, TAPRO adalah produk asuransi jiwa. Namun di bawah asuransi jiwa ini nasabah bisa menambahkan berbagai manfaat asuransi sesuai dengan kebutuhan. Jadi pertama-tama nasabah harus ambil asuransi jiwa-nya. Kemudian ia bisa memilih tambahannya meliputi: asuransi cacat tetap karena kecelakaan, asuransi cacat tetap, penyakit kritis (mulai dari 49 hingga 100 jenis penyakit kritis), bahkan nasabah juga bisa memproyeksikan TAPRO sebagai dana tabungan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Bagaimana sistem pengelolaan dana TAPRO ini? Premi yang dibayarkan nasabah oleh perusahaan dialokasikan ke dalam protofolio investasi sesuai dengan pilihan nasabah (untuk pilihan investasi klik DI SINI). Cara pengalokasiannya secara bertahap dengan perincian sebagai berikut:

  1. Tahun ke-1 : 25 % dari premi
  2. Tahun ke-2 : 60 % dari premi
  3. Tahun ke-3 : 85 % dari premi
  4. Tahun ke-4 : 92,50 % dari premi
  5. Tahun ke-5 : 92,50 % dari premi
  6. Tahun ke-6, dst : 100 % dari premi

Melihat pengalokasian ini kita tau bahwa investasi akan besar sejak tahun kelima dan seterusnya. Karena itulah dalam ilustrasi asuransi dan dalam polis ditegaskan bahwa TAPRO adalah komitmen jangka panjang. Berhenti pada tahun-tahun awal nasabah bisa mengalami kerugian. Kenapa tidak 100 % dari awal? Karena pada tahun-tahun pertama ada biaya akuisisi. Nah, kecuali nasabah sengaja menambahkan dana khusus (Top Up) untuk investasi. Maka dana tersebut dialokasikan 100 % langsung ke dalam investasi sejak setoran pertama.

Dana investasi ini tentunya makin tahun makin bertambah banyak (sesuai dengan return investasi). Untuk apa dana ini? Dana ini dipergunakan terutama untuk membayar biaya-biaya asuransi, kemudian untuk bayar asuransi itu sendiri jika sewaktu-waktu nasabah mau cuti, dan bisa juga dicairkan oleh nasabah untuk kebutuhan tertentu. Sedangkan manfaat asuransinya tetap (tak berkuran) sesuai kontrak. Sangat menguntungkan bukan? Demikian, semoga bermanfaat.[] Punya dana terbatas, bingung mau asuransi? Mau asuransi termurah? Silahkan klik DI SINI.

About mastomasto

Check Also

Usia Sudah Tua, Sementara Anak Masih Kecil-kecil, Begini Cara Mempersiapkan Masa Depan Mereka

Tak jarang pasangan suami istri menikah di usia yang sudah tak remaja lagi. Ada juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *