Polis Tidak Nyampai ke Rumah

polis asuransiLagi dan lagi seorang nasabah mengadu kepada saya: “Pak, saya sudah 4 tahun ikut asuransi Allianz, tapi belum terima buku polis”. Seperti biasa jawab saya standar: “Ibu punya nomor kontak agen-nya? Kontak saja minta dibantu.” Maksud saya saya bukannya tidak mau membantu. Tapi agen yang bersangkutanlah yang lebih berkewajiban. Tapi tak ada jawaban mengenai agen tersebut. Yang bersangkutan terus bertanya dan minta bantuan saya. Padahal dia katanya bayar terus melalui debet rekening.


Saya menyangka mungkin dulunya dia beli tidak melalui agen. Biasanya melalui bank (sebenarnya agen juga ya, alias bank yang bertindak sebagai agen). Memang apa beda beli asuransi melalui agen dan bank? Saya telah menulis tema ini, silahkan BACA DI SINI. Dulu saya pernah juga mendapat pengaduan seperti ini. Tapi masa asuransinya memang masih satu tahun. Saya sarankan untuk menanyakan ke bank yang bersangkutan dan saya kasih telepon Allianz. Alhamdulillah berhasil.

Tapi yang ini memang agak terlalu lama, 5 tahun belum dapat polis. Padahal seharusnya polis sudah terbit sekita 14 hari setelah pengajuan asuransi dinyatakan diterima. Untuk nasabah saya biasanya polis saya antar langsung ke rumah (untuk wilayah JABODETABEK yang terjangkau). Yang jauh atau di luar kota saya kirim via pos dan saya pastikan tanda terimanya dikirim kembali ke saya.

Apakah asuransinya aman? Lantas bagaimana solusinya untuk kasus semacam ini? Tenang saja, asuransinya dijamin aman. Cuma memang polis fisik penting, terutama ketika akan klaim. Jadi memang harus punya. Lantas bagaimana solusinya? Baiklah, solusinya adalah sebagai berikut:

Pertama, cobalah konfirmasi kea gen yang menjual, atau jika lewat bank, konfirmasi ke bank. Konfirmasikan juga ke Allianz mengenai masalah ini. Katakan bahwa Anda belum terima polis, kenapa belum dikirim tanyakan juga, dan minta dikirim.

Kedua, ada besar kemungkinan kalau sudah lama akan sulit. Akan dianggap polisnya hilang. Jadi solusinya adalah membuat berita kehilangan polis, kemudian dikirim ke Allianz. Nah, nanti Anda akan dibuatkan polis yang baru.

Kasus semacam ini hendaknya menjadi pelajaran, baik bagi nasabah atau pun agen. Bagi nasabah, pastikan Anda segera menerima polis setelah SPAJ dinyatakan diterima. Maksimal sebulan seharusnya Anda sudah terima. Tanyakan dan konfirmasi terus pada agen yang menjualnya. Nah, untuk agen juga menjadi pelajaran penting. Polis nasabah hendaknya segera dikirim ke nasabah. Boleh jadi dari pusat sudah dikirim, kemudian diterima agen yang bersangkutan dan lupa diantar ke nasabah.

Jangan lupa nasabah minta tanda tangan di surat tanda terima untuk bukti. Bukti terima tersebut sebaikany di copy dan diarsipkan sebagai arsip pribadi agen. Aslinya dikirim ke Allianz. Ini untuk menghindari kemungkinkan kalau nasabah yang lupa. Mungkin polis sudah diterima, tapi lupa atau memang benar-benar hilang. Nah, kalau sudah begitu kan agen punya buktinya. Demikian, semoga bermanfaat.[]

Tohirin
081906091083, PIN BB: 53E91F32
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Agen asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s