Kandidat Doktor Jadi Agen Asuransi

sarjanaSekarang ini saya tercatat sebagai mahasiswa S-3 di Universitas Ibn Khaldun, Bogor, dengan konsentrasi Pendidikan Islam dan saya juga menjalani profesi sebagai agen asuransi Allianz Syariah. Menjadi agen asuransi bagi saya bukan sebuah kebetulan, bukan juga karena saya nganggur. Saat ini saya tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) Jakarta.

Menjadi agen asuransi adalah sebuah pilihan dengan penuh kesadaran. Ini adalah buah dan titik kulminasi dari buku-buku tentang kewirausahaan yang saya baca. Menjadi agen asuransi bukan semata-mata menjalani profesi yang ujung-ujungnya uang semata, tapi ekspresi idealisme.

Ini adalah sekolah dan kuliah nyata bagi para wirausaha. Saya yang selama ini berkutat dalam dunia teori ingin mengalaminya. Saya tidak mau hanya sekedar menjadi pengamat sebagaimana umumnya para akademisi. Saya ingin menjadi pelaku. Kalau ini dibilang riset, maka ini riset partisipatoris.

robert kiyosakiTerus terang saya banyak terinspirasi oleh Robert T. Kiyosaki. Sebagai orang yang berkutat di dunia pendidikan, saya tersentak ketika Kiyosaki menyampaikan skema teoritik dan kritik yang amat tajam pada dunia pendidikan dewasa ini. Saya juga terpukau saat ia memaparkan hasil risetnya tentang bisnis jaringan.Dan masih banyak lagi yang membuat saya terus resah dan akhirnya berbuat.

Pada konteks ini, menjadi agen asuransi adalah praktik nyata dari teori yang saya baca. Simpelnya, bicara profesi asuransi, kalau mau saya urai panjang sebenarnya sangat berkaitan dengan dunia yang saya geluti selama ini, yakni dunia pendidikan. Lain kali saya bisa ceritakan lebih panjang.

Bisnis asuransi termasuk ke dalam bisnis jaringan yang menurut hasil penelitian Robert T. Kiyosaki mengajarkan banyak manfaat bagi para pelakunya. Seorang agen terlatih bukan hanya sekedar jualan yang ujung-ujung duit. Tapi di sana juga banyak pembelajaran yang diserap antara lain: latihan memimpin, latihan membangun jaringan, berkomunikasi dengan orang, menundukkan emosi, latihan bersabar, dan masih banyak lagi. Intinya, menjadi agen asuransi adalah proses pembelajaran nyata dalam menghadapi realitas.

Bagaimana mengatur waktunya? Terus terang saya merasa sangat sibuk. Profesi utama saya sebagai dosen menuntut saya untuk mencurahkan tenaga dan pikiran lebih banyak dengan segenap rasa tanggungjawab. Apalagi tempat saya mengajar adalah kampus Muhammadiyah. Mengajar di kampus ini bukan lagi sekedar profesi dengan imbalan gaji. Tapi sebuah amanah untuk meniti jalan dakwah.

Karena kesibukan itulah kemudian saya pun memilih media online, terutama melalui blog www.kabarasuransi.com ini untuk mengabarkan sekaligus menawarkan produk asuransi sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya asuransi. Namun demikian, meski demikian sibuknya saya tetap mengedepankan tanggungjawab moral atas para nasabah saya. Jenjang pendidikan yang saya jalani saya harap menjadi amunisi tambahan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah.

Di sini saya juga ingin mengajak kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang masih menganggur untuk bergabung menjadi agen asuransi. Saya tidak nganggur, dan saya suka hati untuk menjalani pekerjaan sebagai agen asuransi. Bagaiamana yang masih menganggur kemudian hanya berpangku tangan. Percayalah, menjadi agen asuransi itu lebih menjanjikan masa depan ketimbang Anda mencari-cari kerja sebagai karyawan.

Menjadi agen asuransi adalah jalan termudah untuk menjadi pengusaha (intrepreneur). Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, bahwa jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk saat ini. Kalah jauh dibadningkan negara tetangga, misalnya Singapura sebesar tujuh persen, Malaysia lima persen, dan Thailand empat persen.

Jumlah Pengusaha Indonesia

Jumlah Pengusaha Indonesia

Dengan bergabung menjadi agen asuransi berarti kita turut memperbesar jumlah pengusaha di negeri ini. Keberhasilan para agen ini tentunya juga akan mendukung kemajuan ekonomi dan tingkat kesejahteraan bangsa ini.[]

Salam Hormat,

Tohirin
Hp. 081906091083
PIN BB : 53E91F32

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Agen asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s