5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Beli Asuransi

tips beli asuransi

Beberapa orang menyesal setelah beli asuransi. Penyesalan ini terjadi adakalanya karena kesalahan diri sendiri. Ia melakukan beberapa kesalahan saat beli asuransi. Nah, untuk menghindari kesalahan itu, berikut ini saya paparkan beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membeli asuransi.


Pertama, tidak dibuatkan/membaca ilustrasi
Sebelum membeli asuransi calon nasabah mestinya dibuatkan ilustrasi asuransi terlebih dahulu oleh agen. Tapi adakalanya nasabah percaya saja pada agen tersebut. Mungkin si agen saudara sendiri atau kawan dekatnya sehingga menyerahkan begitu saja.

Padahal sebenarnya ikut asuransi juga karena tidak enak saja sama si agen yang saudaranya itu. Lagipulan memang banyak orang yang belum sadar pentingnya asuransi sehingga hanya alasan semisal “karena tak enak hati” itu tadi ia daftar asuransi.

Jadi dia tak memperhatikan ilustrasi yang disodorkan agen atau bahkan tidak minta dibuatkan untuk ia baca dan cermati. Akibatnya di kemudian hari pada saat butuh bisa saja kecewa. Mungkin produknya tidak sesuai dengan yang ia harapkan dan banyak hal lainnya. Umumnya orang benar-benar sadar akan asuransi saat semua resiko telah terjadi.

Kedua, tidak konsultasi pada agen
Asuransi banyak jenis dan manfaatnya. Apalagi satu perusahaan asuransi juga berbeda dan mempunyai kelebihan masing-masing. Hanya melihat pada murahnya premi atau besarnya uang pertanggungan saja belumlah cukup.

Ada banyak detail baik kelebihan dan perbedaan yang penting untuk dipahami. Karena itulah sebelum membeli suatu produk konsultasikan dulu dengan agen yang bersangkutan apa manfaat, kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Karena itu pula beliah asuransi dengan agen yang paham akan produk yang ia jual.

Ketiga, tidak mencatat nomor agen
Saya sering mandapat aduan dan curhatan dari nasabah (bukan nasabah saya). Sebenarnya tak ada masalah. Tapi semestinya yang lebih tepat adalah mengadu dan curhat pada agen yang menjual produk kepadanya. Apalagi memang sudah menjadi kewajiban agen tersebut untuk melayani nasabahnya.

Nah, ketika saya Tanya siapa agennya, kebanyakan menjawab lupa dan tidak punya lagi nomor kontaknya. Karena itulah penting untuk mencantat nomor agen. Akan lebih baik jika punya semua saluran-saluran komunikasi agen tersebut, mulai dari nomor hp, PIN BBM, Akun Facebook, Email, web/blog, dan lain-lain.

Keempat, tidak membaca buku polis
Penting untuk diketahui bahwa setelah polis Anda terima, Anda masih diberi kesempatan untuk mempelajari lagi buku polis asuransi tersebut. Jika ada yang tidak paham bisa ditanya langsung ke perusahaan atau pun kea gen yang barsangkutan. Minimal sekali Anda tau produk apa yang Anda beli dan manfaat apa yang Anda terima, dan bagaimana mengakses manfaat tersebut.

Kelima, tidak jujur saat wawancara
Salah satu syarat utama untuk daftar asuransi adalah calon nasabah dalam kondisi sehat. Karena itulah sebelum menandatangani form SPAJ calon nasabah akan ditanya beberapa hal yang berhubungan dengan kesehatan atau pun riwayat kesehatan yang bersangkutan. Ada saja calon nasabah yang berbohong karena ingin diterima asuransi. Akibatnya pada saat klaim ia mengalami kesulitan atau bahkan bisa jadi ditolak klaimnya.

Demikian, terima kasih telah membaca tulisan saya: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Beli Asuransi ini. Semoga bermanfaat. Mau coba dibuatkan ilustrasi? Silahkan klik: MINTA ILUSTRASI.

Jika belum jelas, jangan sungkan untuk menghubungi saya:

Tohirin
081906091083
PIN: 53E91F32
lagiagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi, Tips dan Trik dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke 5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Beli Asuransi

  1. Ping balik: Rendahnya Pemanfaatan Asuransi disebabkan Kurangnya Edukasi | KUKUBER.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s