Pahami Jenis Askes yang Anda Punya

asuransi kesehatan 1

Asuransi Kesehatan Terbaik

Apakah biaya berobat Anda masih ditanggung sendiri? Jika iya, maka segeralah Anda miliki asuransi. Sekarang sudah tidak musim berobat masih ketakutan dengan biaya rumah sakit karena tidak punya cukup dana. Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau karyawan perusahaan tentunya hal ini sudah tidak jadi masalah ya? Sebab pastinya sudah ada asuransi dari kantor. Nah, bagaimana dengan masyarakat umum? Yang punya pekerjaan mandiri, pedagang, wiraswasta, petani?

Tidak usah khawatir. Sekarang banyak ragam macam asuransi yang dapat dibeli disesuaikan dengan kemampuan. Paling minim harus punya BPJS. Apakah Anda sudah daftar? Kalau belum segeralah daftar. Jangan sudah sakit baru kerepotan ngurus BPJS. Yang sudah punya kartu BPJS saja terkadang masih kerepotan, apalagi yang sudah sakit kemudian baru ngurus-ngurus BPJS.

Segeralah daftar. Toh, kalau pun sekarang belum daftar nantinya akan diwajibkan semua untuk daftar. Jadi untuk apa menunda-nunda. Bagaimana bagi yang tidak mampu meski sekedar untuk membayar iuran BPJS yang tergolong murah? Jangan khawatir, bagi yang termasuk kelompok ini akan disubsidi pemerintah alias gratis.

Kecuali BPJS, asuransi swasta juga menyediakan banyak pilihan asuransi kesehatan. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan biaya yang ada. Saran saya segeralah daftar selagi usia masih muda. Sebab asuransi swasta makin tua usia masuknya maka semakin mahal. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis asuransi kesehatan (baik pemerintah maupun swasta, khususnya produk Allianz) yang bisa Anda ambil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan biaya:

Pertama, BPJS

BPJS ini tergolong yang paling murah. Cara bayarnya bulanan. Ini adalah asuransi pemerintah. BPJS dapat digunakan untuk berobat di semua rumah sakit yang bekerjasama dengan pihak BPJS. Namun demikian, pasien tidak boleh asal pilih sendiri. Pasien harus melakukan pengobatan pertama pada klinik/rumah sakit/dokter yang ditunjuk untuk melayani fasilitas kesehatan tingkat pertama (FASKES-1).

Jika di tingkat ini tidak bisa menangani baru bisa direkomendasikan/dirujuk ke rumah sakit selanjutnya yang disebut dengan FASKES-2. Jenis penyakit yang dibiayai adalah semua jenis penyakit, dari yang ringan sampai yang kritis. Fasilitas medis, perawatan, dan obat-obatannya standar.

Kedua, Allisya Care

Ini adalah jenis asuransi kesehatan rawat inap swasta pada produk syariah. Preminya di atas BPJS. Usia masuk semakin muda semakin murah. Allisya Care menyediakan banyak pilihan sesuai kemampuan dana yang Anda punya. Patokannya adalah biaya rawat inap harian: mulai dari 100 ribu per hari hingga satu juta. Biaya lain-lain yang ditanggung sudah ditentukan dan plafon biayanya juga ditentukan. Kontrak tahunan dan bisa diperpanjang tanpa tes medis.

Allisya Care dapat digunakan di semua rumah sakit. Tidak seperti BPJS yang dibatasi pada rumah sakit yang bekerjasama saja. Pasien tinggal pilih di mana saja, rumah sakit yang elite sekalipun tidak harus berjenjang dari bawah seperti BPJS. Namun diprioritaskan di rumah sakit yang bekerjasama dengan Allianz. Di rumah sakit tipe ini cukup menggunakan kartu (cashess).

Kalau di rumah sakit di luar jaringan Allianz jatuhnya reimburse. Allisya Care tidak bisa double klaim dengan asuransi lain, termasuk BPJS. Jadi kalau sudah pakai asuransi lain, atau pakai BPJS, Allisya Care nya tidak bisa pakai. Kecuali misalnya untuk nambah biaya yang tidak ditanggung di asuransi lain/BPJS tersebut.

Berikut contoh ringkasan ilustrasi Allisya Care:

Allisya Care Ringkasan

Ilustrasi Allisya Care: Nasabah pria usia 30 tahun, premi yang harus dibayar: Rp 2.256.000 setahun (garansi perpanjangan).

Mau dibuatkan ilustrasi sesuai usia Anda? Silahkan sms: 1) NAMA LENGKAP, 2) TGL-BLN-THN LAHIR, 3) ALAMAT EMAIL/NO.HP/WA. Kirim ke: 081906091083.

Ketiga, SmartMed Premier

Ini termasuk jenis askes rawat inap swasta. Jenisnya mirip dengan Allisya Care. Hanya saja yang ini lebih mahal. Boleh dibilang SmartMed ini asuransi kesehatan yang lumayan elite. SmartMed menanggung biaya pengobatan hingga 6 miliar per tahun. Jadi kalau dirawat inap, asal biaya masih di bawah/maksimal 6 miliar dalam setahun semua biayanya ditanggung. Kontrak tahunan, dan bisa diperpanjang jika memenuhi syarat. Sama seperti Allisya Care, SmartMed juga tidak bisa double klaim.

Berikut contoh ringkasan ilustrasi SmartMed:

SmartMed Ringkasan

Ringkasan Ilustrasi SmartMed untuk nasabah Pria, usia 3o tahun. Premi yang harus dibayar setahun Rp 3.539.700 (dapat diperpanjang)

Mau dibuatkan ilustrasi sesuai usia Anda? Silahkan sms: 1) NAMA LENGKAP, 2) TGL-BLN-THN LAHIR, 3) ALAMAT EMAIL/NO.HP/WA. Kirim ke: 081906091083.

Keempat, hospital and Surgica Care (HS)

Ini adalah jenis asuransi kesehatan rawat inap swasta yang nempel pada produk asuransi jiwa. Jenis manfaat, plafon biaya, dan rumah sakitnya juga mirip dengan Allisya Care. Tapi karena nempel dengan asuransi jiwa maka preminya juga ikut asuransi jiwa. Kalau dari segi biaya lebih mahal dari Allisya Care. Namun kelebihannya nasabah bisa ambil paket dengan asuransi jenis lain yang ia butuhkan. Dari segi kontraknya hospital and surgical flat hingga usia 65 tahun. HS juga tidak bisa double klaim.

Berikut ini contoh ringkasan ilustrasi Hospital and Surgical:

HS Ringkasan

Ringkasan ilsutrasi Hospital and Surgical untuk Nasabah Pria, 30 tahun. Premi yang harus dibayar: Rp 500.000/bln. Manfaat yang didapat adalah: Asuransi Jiwa 60 juta ditambah rawat inap (di atas), dan saldo investasi (tentatif)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mau dibuatkan ilustrasi sesuai usia Anda? Silahkan isi form. Klik: MINTA ILUSTRASI

Kelima, C-100 (critical illness 100)

Ini adalah asuransi kesehatan khusus untuk penyakit kritis. Jadi asalkan sakit kritis (salah satu dari 100 jenis penyakit kritis), baik dirawat maupun tidak maka bisa klaim. Kalau jenis askes di atas kan dapetnya biaya pengobatan. Nah, kalau C-100 ini kalau klaim dapetnya uang cash. Kelebihan lainnya C-100 ini bisa double klaim. Jadi meskipin sudah punya BPJS ataupun yang lain-lainnya, ambil C-100 tetap bagus. Karena nantinya kita dapet uang cash yang tentunya penggunaannya lebih fleksibel.

Berikut contoh ilustrasi C-100:

C100 Ringkasan

Ringkasan ilustrasi C-100 untuk nasabah Pria, usia 30 tahun. Premi yang harus dibayar: Rp 400.000/bulan (bisa cuti setelah tahun ke-10). Manfaat asuransi yang didapat: Asuransi Jiwa Rp 300.000.000 dan Asuransi penyakit kritis: Rp 300.000.000

Mau dibuatkan ilustrasi sesuai usia Anda? Silahkan isi form. Klik: MINTA ILUSTRASI

Keenam, flexicare family

Ini juga jenis rawat inap yang mirip dengan Allisya Care. Tapi ketentuan jenis penanganan medis yang ditanggung lebih sedikit. Boleh dibilang ini semacam santunan rawat inap. Kelebihannya sama juga bisa double klaim. Sistemnya hanya pakai reimburse. Biasanya orang pada ngambil flexicare untuk menambah biaya rumah sakit. Tersedia banyak pilihan, mulai dari santunan 100 ribu per hari hingga 1.500.000.

Berikut contoh ilustrasi Flexicare Family:

Flexi Ringkasan

Ringkasan ilustrasi Flexicare Family untuk nasabah: Pria, usia 30 tahun. Premi: Rp 500.000/bln. Manfaat yang didapat: asuransi jiwa Rp 300.000.000 dan santunan rawat inap di atas.

Mau dibuatkan ilustrasi sesuai usia Anda? Silahkan isi form. Klik: MINTA ILUSTRASI

Demikian, terima kasih sudah membaca tulisan saya: Pahami Jenis Askes yang Anda Punya ini. Semoga bermanfaat.[]

Jika belum jelas, jangan sungkan untuk menghubungi saya:

Tohirin
081906091083
PIN: 53E91F32
lagiagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan, Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s