Home / Berita Asuransi / Selamat Rapat Kerja Lembaga Dakwah Khusus Muhammadiyah

Selamat Rapat Kerja Lembaga Dakwah Khusus Muhammadiyah

Rapat Kerja Lembaga Dakwah
Sumber: dok. Raker LDK-PPM

www. Kabarasuransi.com mengucapkan SELAMAT RAPAT KERJA kepada Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah (LDK-PPM), 6 – 7 Februari 2016, di gedung PP Muhammadiyah. Semoga apa yang telah dihasilkan dalam Raker membawa manfaat kepada masayarakat luas.

LDK-PPM pada awalnya adalah lembaga yang dibentuk Muhammadiyah untuk menangani dakwah khusus di daerah terasing/pedalaman. Lembaga ini berada di bawah koordinasi Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP-Muhammadiyah.

Selanjutnya pada Muktamar Muhammadiyah di Makasar muncullah konsep dakwah komunitas. Konsep ini secara kronologis adalah realisasi dari amanat Muktamar ke-37 tahun 1968 tentang Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ). Kelahiran Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) atau disebut Gerakan Jamaah (GJ) merupakan wujud kesadaran, komitmen, dan usaha Muhammadiyah untuk berdakwah secara langsung menggarap kelompok masyarakat di akar-rumput (grass-root) yang disebut jamaah atau dalam istilah mutakhir dikenal dengan sebutan komunitas (community).

Selanjutnya pada Muktamar ke-47, dirumuskan “Model Dakwah Pencerahan Berbasis Komunitas” sebagai wujud aktualisasi Gerakan Jamaah untuk dilaksanakan dan menjadi gerakan masif dalam pergerakan Muhammadiyah ke depan.

Model Dakwah Pencerahan berbasis Komunitas” merupakan bentuk aktualisasi dakwah Islam yang diperankan gerakan Islam ini dengan perhatian atau fokus pada kelompok-kelompok sosial khusus yang disebut “komununitas”.

Dakwah pencerahan tersebut dikembangkan pendekatan dan strategi yang lebih relevan untuk menghaapi berbagai komunitas yang berkembang di masyarakat sesuai dengan karakternya masing-masing ke dalam suatu model dakwah yang aktual. Pendekatan dan strategi dakwah tersebut difokuskan pada kelompok-kelompok masyarakat yang tergolong dalam komunitas.

Adapun yang dimaksud dengam “ Komunitas” (community) ialah kelompok-kelompok kecil dalam masyarakat yang memiliki sifat atau karakter tertentu yang spesifik. Seiring dengan perkembangan kehidupan modern dan posmodern yang menciptakan realitas baru seperti halnya dunia sosial media, maka konsep komunitas makin menunjukkan relasi kehidupan antar manusia yang bersifat komunitas terbayang (immagined community) atau komunitas maya (cyber community) yang memiliki relasi sosial tertentu yang spesifik. Komunitas terakhir itu disebut juga sebagai virtual community atau komunitas virtual.

Saat ini LDK-PPM mengembangkan program dengan 2 sasaran utama: komunitas marginal/masyarakat pedalaman dan komunitas virtual (dakwah di dunia maya).

Sesuai dengan manhaj Muhammadiyah, dakwah bukanah gerakan sempit yang identik dengan Islamisasi. Aktivitas dakwah dimaknai sebagai amar makruf nahi munkar dalam arti luas. Dakwah adalah seruan kepada seluruh umat manusia untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Sekali lagi: SELAMAT BER-RAKER! Terus berkontribusi dan dan terus berjuanglah untuk umat.[]

About mastomasto

Check Also

Nasabah Saya Kali ini Seorang Dosen Cantik

“Saya mau tanya-tanya soal asuransi, bisa Mas, ya?” “Oh, iya. Dengan senang hati, Bu. Silahkan.” …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *