Cara Memahami Polis Asuransi dalam Sekejap

buku-polisSaat akan membeli asuransi tentu calon nasabah diwajibkan untuk membaca dan memahami polis. Padahal tulisan dalam polis memiliki kalimat yang amat panjang hingga berlembar-lembar terlebih lagi ditulis dalam huruf kecil sehingga membuat orang malas untuk membacanya.

Padahal jika polis tidak benar-benar dipahami maka menjadi malapetaka bagi pemegang polis jika sewaktu-waktu ada hal yang terjadi tapi ia tidak paham. Akibatnya malah kita tidak mendapatkan keuntungan gara-gara kecerobohan ini.

Polis memang harus dibaca hingga tuntas. Jika memang hal itu merepotkan ada beberapa tips supaya polis asuransi bisa dipahami dalam waktu singkat. Hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk memahaminya, berikut tipsnya:

Tidak usah dibaca semua
Membaca polis asuransi memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi polis biasanya ditulis dengan bahasa yang tidak lugas dan banyak. Maka perusahaan asuransi memaklumi kemampuan seseorang dalam memahami tulisan yang amat banyak sehingga memberikan waktu 14 hari untuk membaca polis.

Jika dalam keadaan mendesak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyingkat waktu. Bagian yang tidak penting dalam polis lebih baik dilewati saja, fokuslah pada bagian yang penting.

[Sudah paham asuransi? Ingin langsung dibuatkan ilustrasi sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial? Hub: WA/SMS: 081906091083]

Baca data polis
Data polis termasuk bagian yang penting karena mencakup informasi mengenai pemegang polis, jumlah premi, nama tertanggung serta penerima ahli waris dan jumlah uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris. Dalam bagian ini baca dua kali agar tidak ada kesalahan saat nanti mengisi data seperti nama tertanggung dan penerima ahli waris.

Baca Bagian Ketentuan Khusus
Pada bagian ini terdapat resiko yang bisa diambil dan tidak bisa diambil. Pahami betul-betul karena menyangkut kebutuhan calon nasabah sehingga perusahaan asuransi bisa melindungi pemegang polis.

Ada syarat dan ketentuan yang dituliskan pada bagian ini yang harus benar-benar dipahami. Jangan sampai saat musibah sudah terjadi ternyata kita tidak bisa menerima keuntungan karena kurangnya membaca.

Pahami Masa Tenggang Polis
Jika terdapat bagian dari polis yang tidak sesuai keinginan atau penawaran, maka dalam kurun waktu 7 – 14 hari sejak tanggal terbit polis nasabah memiliki hak mempelajari polis atau cooling off period. Polis bisa dibatalkan tanpa denda dan uang yang sudah disetorkan dapat diambil kembali. Namun, jika pembatalan dilakukan setelah cooling off period berakhir konsekuensi yang diterima nasabah harus membayar biaya pembatalan polis asuransi. Karena itu gunakan tenggang waktu tersebut sebaik mungkin.

Bagian Pembiayaan
Pada jenis asuransi unit link akan ada penjelasan yang lebih rinci tentang pembagian premi untuk investasi dan asuransi. Pahami dan pelajari betul-betul. Jangan berbuat ceroboh dengan menandatangani sebelum memahami bagian ini. Karena pada asuransi unit link premi dialokasikan untuk dua hal yaitu investasi dan asuransi.

Agen asuransi biasanya akan memberikan penjelasan lalu calon nasabah akan mempersentasenya sendiri berdasarkan estimasi prospek keuntungan yang dapat diperoleh. Perlu diketahui bahwa penjelasan tersebut hanyalah ilustrasi bukan keadaan yang sebenarnya. Karena realitanya manfaat investasi tidak selalu sesuai dengan harapan. Semua itu tergantung pada kondisi pasar keuangan.

Untuk mencari perusahaan asuransi yang menyediakan layanan polis yang baik, Allianz memenuhi semua kriteria. Calon nasabah akan dijelaskan secara detail mengenai polis dan prosedur sebagai calon pemegang polis pun sesuai standar aturan perusahaan asuransi. Jika sudah memiliki polis asuransi dari Allianz proses pengajuan klaim juga terbilang mudah asalkan kita sesuai prosedur memenuhi persyaratan. Mau buat ilustrasi GRATIS? Klik DI SINI

Butuh bantuan?

Silahkan hubungi saya:
T o h i r i n (081906091083 / 081319413225)
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi, Informasi dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s