Asuransi Untuk Investasi VS Investasi Reksadana

untung rugi berasuransiJika bertanya kepada seorang perencana keuangan, maka idealnya setiap orang perlu memiliki investasi dan juga asuransi. Investasi berguna sebagai pemenuh kebutuhan keuangan di masa depan, sedangkan asuransi berguna untuk melindungi keuangan seseorang dan keluarganya dari berbagai resiko yang terjadi tidak terduga. Dari kegunaan tersebut, maka disimpulkan bahwa investasi dan asuransi sama-sama pentingnya.

Nah, apabila dana yang dipersiapkan setiap bulan terbatas, maka apakah yang harus diprioritaskan terlebih dahulu? Apakah investasi atau asuransi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kedua hal yang menjadi pokok pembicaraan yaitu investasi dalam hal ini berkaitan dengan investasi reksadana dan asuransi perlu dikaji lebih dalam. Bisa juga digunakan keduanya, asuransi untuk investasi yang semakin menguntungkan.

Pertama, asuransi merupakan sejumlah uang yang dibayarkan yang biasa disebut premi kepada perusahaan asuransi. Dalam periode tertentu jika terjadi resiko, pembayar premi sebagai tertanggung akan menerima pembayaran uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Jika tidak ada resiko yang terjadi, maka UP tersebut menjadi milik perusahaan asuransi.

Pada umumnya, perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi yang bisa dibeli perorangan, seperti asuransi penyakit kritis, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, dan asuransi kesehatan.

Jika seseorang bekerja di sebuah perusahaan, biasanya perusahaan menyediakan asuransi untuk para karyawannya. Asuransi tersebut bisa berupa asuransi kesehatan untuk orang yang bersangkutan dan juga untuk anggota keluarganya, seperti istri dan anaknya.

Bentuk asuransi yang disediakan oleh perusahaan, ada yang komersial atau dari pemerintah yaitu BPJS Kesehatan. Ada pula perusahaan yang menggunakan kedua bentuk asuransi tersebut. Ini merupakan salah satu keuntungan yang bisa diperoleh oleh karyawan perusahaan tersebut.

Asuransi yang disediakan oleh pemerintah tidak hanya BPJS Kesehatan saja, tapi ada juga BPJS Ketenagakerjaan yang akan akan memberikan jaminan kecelakaan kerja mencakup asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa.

Apabila semua jenis asuransi tersebut sudah dimiliki, berarti tinggal asuransi penyakit kritis saja yang perlu dipersiapkan. Sebab, seorang pencari nafkah idealnya memiliki 3 jenis asuransi, yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis. Jika ketiganya sudah terpenuhi, maka barulah dia bisa melakukan investasi yang aman.

Dari pemaparan di atas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya asuransi bisa dijadikan investasi masa depan, sebab dana-dana yang dibayarkan untuk asuransi tersebut terus-menerus bertambah banyak dalam kurun periode tertentu. Jika terjadi resiko di masa depan, maka dana tersebut bisa digunakan.

Begitu pula dengan investasi, dimana dana yang digunakan untuk investasi di putar, maka dana yang diperoleh tentunya akan semakin banyak. Oleh sebab itu, bisa juga disimpulkan bahwa asuransi untuk investasi merupakan salah satu jalan untuk memiliki kehidupan sejahtera di masa mendatang.

Pertanyaan awalnya adalah apabila dana yang dimiliki terbatas, yang manakah yang perlu didahulukan, asuransi untuk investasi atau investasi reksadana? Atau memilih kedua-duanya dilakukan?

Solusi jawaban yang paling tepat dari pertanyaan ini adalah, apabila dana yang dimiliki benar-benar terbatas, sebaiknya asuransi lebih didahulukan dan diprioritaskan dibandingkan investasi. Walaupun kedua-duanya sangat penting, tapi ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Ketika investasi tidak lama dijalankan kemudian terjadi resiko, maka ada kemungkinan nilai investasi yang dimiliki tidak bisa menutupi kebutuhan keuangan keluarga. Berbeda dengan asuransi, dimana ketika resiko terjadi, uang pertanggungan dari asuransi bisa langsung digunakan untuk menutupi semua resiko. Inilah manfaat asuransi sebagai investasi.

Allianz Life Indonesia menyediakan berbagai produk asuransi yang bisa digunakan sebagai investasi, seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, dan asuransi penyakit kritis.

Mau dibuatkan ilustrasi? Klik di DI SINI

Anda butuh asuransi? Silahkan hubungi saya:
T o h i r i n (WA/SMS: 081906091083 / SMS: 081319413225)
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi, Informasi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s