Apakah Ibu Rumah Tangga butuh Asuransi jiwa?

ibu rumah tanggaPada dasarnya, asuransi dibutuhkan oleh setiap orang dari berbagai profesi, dalam hal ini asuransi jiwa. Seorang yang memiliki profesi tertentu ketika bekerja dihadapkan dengan berbagai resiko kerja, contohnya saja seorang buruh pabrik. Dalam bekerja, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan kerja yang menimpa pekerja tersebut.

Jika dia memiliki asuransi, hal ini bisa menutupi biaya pengobatannya. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah seorang ibu rumah tangga yang notabene bekerja hanya di rumah saja, dimana resiko kecelakaan kerja sangat kecil membutuhkan asuransi jiwa?

Apabila pertanyaan ini dilontarkan kepada para perencana keuangan, mereka akan memberi jawaban bahwa seorang ibu rumah tangga tidak memerlukan hal semacam itu. Selain alasan bahwa resiko kecelakaan kerja mereka sangat kecil, para perencana keuangan ini juga berpandangan bahwa tidak ada atau hanya sedikit dampak keuangan yang ditimbulkan jika mereka meninggal.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang berbeda, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan.

Pertama, ibu rumah tangga yang memiliki polis asuransi jiwa maka akan meringankan beban suaminya sebagai penanggung jawab keluarga

Suami sebagai kepala keluarga yang memiliki polis asuransi tentu saja akan meringankan beban anggota keluarganya, begitu pula jika yang memiliki polis asuransi adalah sang istri. Mengapa demikian?

Anggap saja seperti ini. Ketika suami yang memiliki polis asuransi meninggal dunia, maka klaim asuransinya akan diterima oleh sang istri dan keluarganya. Nah, begitu pula ketika sang istri yang memiliki asuransi. Ketika dia meninggal dunia, maka klaim asuransi yang diterima oleh suami dan keluarganya akan meringankan beban mereka.

Uang yang diterima oleh keluarga yang ditinggalkan bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal, seperti:

  • Membayarkan cicilan rumah, mobil, dan sebagainya, serta melunasi utang.
  • Tabungan untuk masa depan anak-anak, misalnya biaya pendidikan.
  • Menambah modal usaha jika si penerima klaim atau sang suami adalah seorang pebisnis.
  • Membuka usaha sampingan jika si suami berprofesi sebagai pegawai

Selanjutnya, seorang ibu rumah tangga membutuhkan asuransi jiwa untuk menghadapi resiko lain, seperti resiko penyakit cacat dan penyakit kritis lainnya. Siapa pun di dunia ini, laki-laki atau perempuan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan resiko seperti ini.

Bahkan, ada pandangan yang menyatakan bahwa perempuan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan resiko tersebut dibandingkan laki-laki. Jenis penyakit kritis yang kemungkinan mereka derita juga lebih banyak, sehingga ada yang mengklaim bahwa premi asuransi penyakit kritis bagi perempuan jauh lebih besar dibandingkan laki-laki.

Ketiga, apabila ibu rumah tangga memiliki asuransi penyakit kritis, si suami akan merasa lebih aman.

Semua hal yang berkaitan dengan rumah tangga akan menjadi tanggungan seorang suami. Jika seorang ibu rumah tangga mengalami penyakit kritis, maka suaminya lah yang akan menanggungnya. Bila demikian, fungsi asuransi penyakit ini akan memudahkan sang suami untuk menanggung pengobatan istrinya.

Terakhir, jika suami tidak membutuhkan uang dari polis asuransi si istri apabila dia meninggal dunia, maka uang itu bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang lebih membutuhkan dengan cara disumbangkan.

Dana asuransi yang terkumpul tersebut bisa digunakan oleh orang-orang yang sedang mengalami musibah setiap harinya. Hal ini menjadikan orang yang membayarnya mendapat pahala. Oleh sebab itu, dana yang disumbangkan tersebut bisa menjadi ladang pahala bagi pasangan suami istri tersebut.

Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan asuransi jiwa bagi ibu rumah tangga, salah satunya adalah Allianz.

Mau dibuatkan ilustrasi? Klik di DI SINI

Anda butuh asuransi? Silahkan hubungi saya:
T o h i r i n (WA/SMS: 081906091083 / SMS: 081319413225)
Email: lagilagimasto@gmail.com

 

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi, Informasi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s