Kegunaan Asuransi Kritis Yang Jarang Diketahui

sakit jantung kronisPenyakit kritis dalam asuransi diartikan sebagai penyakit yang kondisinya sudah kritis atau kronis, dan datangnya perlahan-lahan. Parahnya lagi, jika sangat kecil harapan untuk sembuh dan tidak bisa lagi kembali ke keadaan yang normal. Pengobatannya pun memerlukan waktu lama, dan perlu disertai perubahan gaya hidup yang disiplin. Contoh penyakit kritis seperti serangan jantung, gagal ginjal, kanker, stroke, dan berbagai penyakit kronis lainnya.


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan datangnya penyakit kritis ini, seperti kebiasaan hidup yang tidak sehat, stress karena pekerjaan, merokok, polusi udara, mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, dan lain sebagainya.

Gaya hidup dan makanan yang tidak sehat seperti ini akan menyebabkan masalah pada kadar gula darah, kolestrol, asam urat, dan lemak yang akan memicu timbulkan penyakit kritis.

Salah satu produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi adalah asuransi penyakit kritis (Critical Illness). Ada banyak fungsi yang bisa diperoleh dari asuransi jenis ini, diantaranya:

1. Membiayai pengobatan penyakit kritis.
Fungsi asuransi yang pertama adalah membiayai pengobatan penyakit kritis. Uang pertanggungan yang diterima ketika digunakan untuk membiayai penyakit kritis. Misalnya saja penyakit kanker. UP ini bisa digunakan untuk membayar biaya pengobatan kemoterapi dan obat-obatan yang dikonsumsi sewaktu sakit.

2. Membiayai perawatan setelah pengobatan penyakit kritis
Setelah menjalani pengobatan, maka diperlukan perawatan lebih lanjut. Apalagi jika kemungkinan untuk sembuh, maka perawatan setelah pengobatan sangat diperlukan.

3. Mengganti penghasilan yang hilang selama atau karena tidak bisa bekerja
Menderita suatu penyakit apalagi penyakit tersebut sudah kronis dan parah mengharuskan seseorang untuk berhenti bekerja selamanya atau untuk sementara saja. Jika ada kemungkinan sembuh, maka ada kemungkinan untuk kembali bekerja setelah menjalani perawatan. Namun, jika tidak ada kemungkinan untuk sembuh, maka tidak ada lagi jalan untuk mendapatkan penghasilan dari bekerja. Asuransi kritis ini memiliki fungsi untuk mengganti penghasilan yang hilang karena tidak bisa bekerja saat penyakit kritis menyerang.

4. Mencegah kehilangan aset dan jeratan utang
Menjalani berbagai pengobatan ketika terkena penyakit kritis akan menghabiskan banyak biaya dan tabungan. Bukan hanya itu, jika asset yang dimiliki sudah habis untuk pengobatan, bisa jadi meminjam uang atau berutang adalah solusi yang dipilih.
Jika memiliki asuransi, maka uang pertanggungan yang diperoleh bisa digunakan untuk pengobatan. Dengan demikian, hal ini akan mencegah orang yang sakit tersebut untuk berutang atau menggunakan asetnya untuk berobat.

5. Memelihara kepercayaan diri untuk menjalani hidup
Jika seseorang memiliki asuransi, maka dia akan merasa ada cadangan dana jika suatu saat orang tersebut terkena penyakit kritis. Karena itu, dia tidak merasa takut lagi jika di masa depan hal terburuk benar-benar terjadi padanya. Selain itu, orang tersebut juga tidak khawatir karena tidak perlu membebani orang lain jika dirinya sakit. Inilah yang menyebabkan dia memiliki kepercayaan diri untuk menjalani hidupnya.

Dibandingkan produk asuransi lainnya, uang pertanggungan yang diperoleh dari asuransi kritis ini tergolong besar. Sudah seharusnya, UP yang diterima lebih besar dari biaya pengobatan, sehingga sisa dari biaya pengobatan bisa digunakan untuk biaya perawatan lanjutan, biaya membayar utang jika sebelumnya berutang untuk pengobatan, dan biaya pengganti penghasilan selama sakit.

Dengan demikian, fungsi kelima yaitu memelihara kepercayaan diri untuk menjalani hidup bisa tercapai karena orang yang bersangkutan tidak memiliki perasaan membebani orang lain.

Lalu, berapa uang pertanggungan asuransi kritis yang ideal? Sebenarnya, jika ditinjau dari dampaknya, pengakit kritis memiliki dampak keuangan yang sama dengan meninggal dunia, bahkan harusnya lebih besar. Oleh sebab itu, idealnya UP yang diterima penyakit kritis sama dengan UP asuransi jiwa.

Perusahaan Allianz sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia memiliki produk asuransi kritis yang tergabung dalam asuransi jiwa Tapro Allisya Protection Plus. Untuk mengajukan klaim, yang tertanggung bisa mengajukannya ketika pertama kali terdiagnosa salah satu penyakit kritis. Jadi, walaupun si tertanggung belum menjalani perawatan, dia sudah bisa mengklaim UP nya.

Mau dibuatkan ilustrasi? Klik di DI SINI

Anda butuh asuransi? Silahkan hubungi saya:
T o h i r i n (WA/SMS: 081906091083 / SMS: 081319413225)
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Informasi dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s