Pertimbangan Memilih Asuransi Jika dana Terbatas

memilih asuransiTidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan seseorang selalu berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang tidak menentu itu, seseorang memerlukan back up yang bisa menjadi bekal saat keadaan tidak sesuai harapan di masa depan.

Asuransi merupakan bentuk back up yang bisa dipersiapkan sebagai investasi atau cadangan. Jika dana berlimpah dan cukup, maka tidak akan sulit untuk memilih asuransi. Sebaliknya, jika dana terbatas, maka akan ada kesulitan yang dihadapi dalam menentukan asuransi yang digunakan. Perlu sikap yang lebih bijak dalam memilih dan menentukan prioritas, sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis asuransi yang bisa dijadikan pilihan, misalnya asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Untuk memilih asuransi ketika dana terbatas maka pertimbangannya berdasarkan situasi dan kondisi seseorang.

Kondisi pertama, dalam sebuah keluarga belum memiliki asuransi apa pun dan kepala keluarga sebagai pencari nafkah bekerja sebagai wiraswasta, dan penghasilannya per bulan hanya sekitar 3 juta rupiah. Dana untuk asuransi maksimal 10% dari penghasilan, artinya sekitar 300 ribu per bulan yang digunakan untuk asuransi. Maka asuransi yang sesuai pada kondisi seperti ini adalah asuransi jiwa untuk pencari nafkah.

Asuransi jiwa sangat berperan penting ketika suatu saat si pencari nafkah tidak bisa lagi mencari nafkah demi kebutuhan keluarganya karena beberapa hal seperti meninggal dunia, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Premi sebesar 300 ribu per bulan yang dibayarkan akan bermanfaat dalam hal:

  • Apabila si pembayar premi meninggal dunia, maka uang pertanggungan yang akan diwariskan sebesar 300 sampai 800 juta.
  • Apabila pembayar premi memilih paket proteksi penghasilan, maka UP yang diterima ada beberapa macam, yaitu: UP penyakit kritis dari 100 sampai 250 juta, UP cacat total dari 100 sampai 250 juta, UP kecelakaan dari 100 sampai 500 juta, dan UP meningga dari 100 sampai 500 juta. Selain itu, paket ini juga bebas premi.

UP yang diterima dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, kondisi kesehatan, merokok/tidak, dan pilihan antara manfaat asuransi saja atau asuransi dan investasi.

Kondisi kedua, sebuah keluarga belum memiliki asuransi apa pun, dan penghasilan 5 juta per bulan dari bekerja secara mandiri (wirausaha). Sama dengan kondisi pertama dimana dana asuransi sebesar 10% dari jumlah penghasilan, artinya sekitar 500 ribu per bulan. Dalam kondisi seperti ini, asuransi yang cocok diambil adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, dengan pertimbangan:

Asuransi jiwa dapat dimanfaatkan sebagai pengganti penghasilan ketika pencari nafkah keluarga tidak mampu lagi bekerja karena beberapa sebab. Sedangkan asuransi kesehatan untuk keluarga bisa dimanfaatkan ketika salah satu anggota keluarga sakit dan mengharuskannya dirawat di rumah sakit.

Dalam kondisi ini, asuransi jiwa untuk pencari nafkah sebaiknya sekitar 300 sampai 400 ribu per bulan, sedangkan asuransi kesehatan melalui BPJS dibayarkan sekitar 100 sampai 170 ribu per bulan tergantung kelas yang dipilih, yaitu:

Kelas 2, dengan premi 42.500 per orang. Jika anggota keluarga ada 4 orang, maka preminya adalah 170 ribu per bulan.

Kelas 3, dengan premi 25.500 per orang. Jika anggota keluarga ada 4 orang, maka preminya adalah 102 ribu per bulan.

Untuk manfaat asuransi yang diperoleh dengan 400-500 ribu perbulan hampir sama dengan manfaat yang diperoleh pada kondisi pertama (300 ribu per bulan). Perbedaannya hanya terletak pada UP yang diterima dimana UP dengan premi 400-500 ribu per bulan jumlahnya tentu jauh lebih besar dibandingan dengan premi 300 ribu per bulan.

Kondisi ketiga, sebuah keluarga yang memiliki penghasilan 10 juta per bulan, dan dana yang digunakan untuk asuransi sekitar 1 juta per bulan. Tiap anggota keluarga tidak memiliki asuransi termasuk asuransi kesehatan, dan pencari nafkah bekerja sebagai wirausaha.

Dalam kondisi seperti ini, asuransi yang paling sesuai adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dengan perhitungan sebagai berikut.

Untuk pencari nafkah, asuransi jiwa dengan premi 750 ribu per bulan. Apabila pencari nafkah terdiri dari suami dan istri, maka pembayaran premi asuransinya dibagi dua, misalnya untuk suami 400 ribu, dan untuk istri 350 ribu.

Asuransi BPJS Kesehatan kelas 1 dimana setiap orang dalam keluarga perlu membayar premi sekitar 59.500 rupiah. Jika anggota keluarga berjumlah 4 orang, maka total premi asuransi kesehatan yang dibayarkan sebesar 238 ribu per bulan.

Ada pun manfaat yang bisa diperoleh dari asuransi jiwa tersebut pada dasarnya sama dengan kondisi pertama dan kedua. Jumlah UP yang diterima saja yang jauh lebih tinggi dari kondisi pertama dan kedua karena jumlah premi yang dibayarkan juga berbeda.

Kondisi keempat, sebuah keluarga yang sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor tempat pencari nafkah bekerja. Penghasilan keluarga tersebut sekitar 10 juta per bulan, dan dana untuk asuransi yaitu 1 juta per bulan.

Asuransi yang sesuai dengan kondisi seperti ini adalah yaitu memilih asuransi jiwa untuk pencari nafkah karena asuransi kesehatan sudah dijamin oleh perusahaan pencari nafkah bekerja.

Allianz Life Indonesia menyediakan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan lain sebagainya.

Mau dibuatkan ilustrasi? Klik di DI SINI

Anda butuh asuransi? Silahkan hubungi saya:
T o h i r i n (WA/SMS: 081906091083 / SMS: 081319413225)
Email: lagilagimasto@gmail.com

Iklan

Tentang Masto

Agen asuransi ALLIANZ
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pertimbangan Memilih Asuransi Jika dana Terbatas

  1. Ping balik: Pertimbangan Memilih Asuransi Jika dana Terbatas – Cahaya Dyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s