Pengelola Blog

Foto Agenku

Di Kantor Allianz Serpong (dok. pribadi)

 

http://www.kabarasuransi.com adalah blog pribadi milik saya, Tohirin (Masto). Blog ini berisi tentang perjalanan, prinsip, penjelasan dan pengalaman saya sehari-hari hingga saya memutuskan untuk memilih dan menjalankan pekerjaan sebagai agen asuransi ALLIANZ.

Latar belakang pendidikan saya adalah hukum Islam (S1) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan manajemen pendidikan Islam (S2) di Universitas Ibn Khaldun, Bogor. Saat ini saya sedang menyelesaikan jenjang S3 (program doktoral) di Univ. Ibn Khaldun.

Di luar pendidikan formal ini saya juga hobi membaca buku-buku kewirausahaan (entrepreneurship). Dari hobi inilah kemudian saya tertarik dengan dunia wirausaha yang kemudian membuat saya memilih ALLIANZ, perusahaan asuransi kawak dan tertua di dunia sebagai tempat bernaung. Menjual asuransi bagi saya bukan sekedar ingin mendapatkan uang, tapi dalam dunia asuransi saya melihat banyak sekali prinsip moral-etik yang sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan.

Pada 18 Januari 2014 saya mengikuti ujian sertifikasi keagenan asuransi jiwa. Ujian dilaksanakan di kantor Allianz, Jakarta dengan nomor ujian: P-262682. Setelah mengikuti proses ujian online, dan menunggu hasil, akhirnya diumumkan hasil ujian dan saya salah satu peserta yang dinyatakan LULUS:

IMG_20140914_113854

Keterangan Tanda Lulus

Sekitar dua minggu setelah kelulusan, sertifikat pun keluar:

IMG_20140914_113759

Sertifikat Lisensi Keagenan

Saya bersyukur, akhirnya saya menjadi agen resmi asuransi Allianz. Menjadi agen adalah profesi terhormat dan dijamin secara hukum, bukan sekedar sales biasa. Karenanya disyaratkan untuk memenuhi kualifikasi tertentu, dan… dengan kelulusan ini saya telah dinilai layak dan memenuhi kualifikasi untuk menjadi agen asuransi profesional.

Menjadi agen asuransi tidak hanya sekedar jualan. Tidak boleh hanya sekedar cari untung. Seorang agen adalah pelayan bagi para nasabah. Sekali mendapatkan nasabah berarti saya telah mengikatkan diri untuk memberikan pelayanan terbaik hingga masa akhir kontrak. Karenanya, kejujuran, transparansi dan dedikasi adalah prinsip utama yang saya pegan. Para nasabah bukanlah orang lain. Mereka adalah keluarga saya.

Nah, dengan sertifikat ini saya sudah mempunyai legalitas hukum untuk menjadi agen asuransi. Apa selanjutnya yang saya lakukan saat itu? Jualan? Tidak. Meskipun secara hukum saya sudah sah menjadi agen, tapi saya merasa belum cukup pengetahuan. Saya tidak mau asal jualan hanya dengan motif keuntungan. Apakah saya tidak butuh keuntungan? Tentu saja butuh, sangat butuh. Tapi sekali lagi, saya tidak mau nasabah saya menjadi korban karena kepentingan pragmatis saya akan uang, dan kekurangpengetahuan saya tentang asuransi.

Akhirnya saya memutuskan untuk menunda berjualan sebelum saya paham, minimal seluk-beluk produk dan berbagai hal berkenaan dengan asuransi. Untuk kepentinga ini, dengan semangat saya mengikuti Training Basic Produk yang diadakan di Allianz Tower.

IMG_20140914_163239

Modul Basic Produk

Untuk menambah pengetahuan saya, saya juga membeli dan mempelajari beberapa buku yang terkait dengan asuransi, baik yang pro maupun yang kontra. Berikut ini beberapa buku yang saya baca:

IMG_20140914_163427

IMG_20140914_163452

IMG_20140914_163509

IMG_20140914_163737

IMG_20140914_163519

Saya tergabung dalam grup BUSSTER, grup agen Allianz terbesar dan terpercaya dalam meayani nasabah. Melalui BUSSTER inilah saya mendapatkan pelatihan-pelatihan yang sangat penting, mulai dari produk, sistem bisnis, hingga etika dalam melayani nasabah. Setiap agen yang telah mengikuti serangkaian pelatihan ini dibekali dengan buku kerja (work book) yang merupakan bukti bahwa agen tersebut telah memenuhi kualifikasi sebagai agen profesional sekaligus sebagai alat (tool) pemandu untuk menjalankan bisnis.

Work book

Work Book Grup Busster

Dengan bekal pengetahuan ini, akhirnya dengan mantap saya melangkah menawarkan produk sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya asuransi. Dan… saya akan senantiasa belajar dan terus belajar demi memberikan layanan terbaik buat nasabah. Demikian sekedar perkenalan dari saya. Jika Bapak/Ibu membutuhkan asuransi, silahkan kontak saya:

Tohirin
081906091083 (SMS/WA/CALL)
081319413225 (SMS/CALL)
PIN BB: 7D14F433
Email: lagilagimasto@gmail.com

Fans Page: Kabar Asuransi
Facebook: Tohirin el-Ashry

 

Iklan

6 Balasan ke Pengelola Blog

  1. Kang Siroj berkata:

    Salam Kenal Pa Tohirin
    Tulisannya bagus..
    Good Job

    Terima kasih sudah berkenan mampir, Kang Siroj. Salam sukses buat Kang Siroj.

    Trims
    Tohirin

  2. sebagai agen asuransi, upah yang anda terima apakah by komisi atau memang ada gaji pokok? dan setau saya agen asuransi dibayar by komisi dalam arti jika kita mendapatkan nasabah maka kita akan dibayar. tetapi jika tidak maka tidak akan dibayar. terima kasih.

  3. Masto berkata:

    Terima kasih Pak Umam kunjungannya. Betul Pak. Agen mendapat komisi dari penjualan. Di Allianz, utk tahun pertama sebesar 30% selama 2 tahun. Kemudian menjadi 5 % hingga tahun ke lima. Untuk Bussiner Partner ke atas mendapat tambahan komisi dari seluruh nasabah yang berada di bawah agen di bawahnya sampai generasi kelima. Kemudian ditambah bonus-bonus penghargaan sesuai dengan kompetisi tertentu.

    Terima kasih
    Tohirin (081906091083)

  4. Ping balik: Tanya-Jawab Asuransi | ASURANSI JIWA DAN KESEHATAN SYARIAH

  5. zulfikri arif berkata:

    Salaam, kabg Tohirin, utk komisi sebenarnya th1 dan th2 itu 30% atau 23% ye.kmdnapa kita boleh jual allianz syariah aja? Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s