Asam Amino Itu Apa

Asam Amino Itu Apa

Banyak literatur membahas tentang asam amino. Berkat kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia, cepat atau lambat. Sayang masih banyak orang yang belum tahu jenis, makanan penghasil, dan pengertian asam amino itu apa?

Padahal hal tersebut sangat penting sebagai pengetahuan belaka. Selain itu, berguna juga untuk bahan kajian bagi para pembelajar kimia. Maka demikian, mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Asam Amino itu Apa?

Asam amino adalah senyawa yang berguna untuk tubuh. Berperan aktif dalam pemecahan protein ke dalam struktur kecil. Biasanya dihasilkan dari proses metabolisme cukup panjang. Ada pula yang berpendapat, senyawa satu ini tercipta karena proses pencernaan manusia.

Ukuran protein kecil tersebut nantinya diserap oleh tubuh. Proses penyerapannya pun cukup singkat. Kemudian tubuh akan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, salah satu contoh adalah menjaga kesehatan otot jantung.

Jenis-jenis Asam Amino

Secara umum, jenis asam amino itu apa terbagi ke dalam dua jenis. Keduanya antara lain asam amino esensial dan non-esensial. Materi tentang keduanya sebagai berikut:

Asam Amino Esensial

Ada beberapa jenis asam amino yang tubuh tidak bisa produksi. Jenis ini disebut sebagai asam amino esensial. Biasanya terdapat pada bahan makanan hewani. Berfungsi untuk membentuk jaringan otot, menghasilkan energi, sampai mengatur mood.

Asam Amino Non Esensial

Adapun asam amino non esensial adalah jenis asam amino yang tubuh mampu memproduksinya. Buat badan sendiri berfungsi untuk mempercepat luka. Pada sisi lain, jenis asam satu ini berguna pula untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Cara Mendapatkan Asam Amino

Asam amino itu zat penting bagi tubuh. Karena penting, usahakan penuhi zat ini sesuai kebutuhan. Bisa dengan mengonsumsi obat dari dokter. Kamu juga boleh mengolah sekaligus memakan bahan makanan berikut:

  1. Daging-dagingan
  2. Kacang-kacangan
  3. Telur
  4. Keju
  5. Susu
  6. Yogurt
  7. Kacang kedelai

Pengertian, jenis-jenis asam amino itu apa sudah dijelaskan pada pembahasan di atas. Memang asam satu ini berguna sekali bagi tubuh. Maka cukupi asupan gizinya dengan rutin memakan ikan dan sebagainya. Jangan lupa minum minuman sehat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!