Masjid Istiqlal Jakarta; Keunikan dan Kemegahannya

Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta merupakan salah satu bangunan ibadah yang paling megah dan besar di Indonesia. Tidak heran jika sampai saat ini ada banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut bukan hanya untuk beribadah. Akan tetapi sekaligus menelisik nilai sejarahnya.

Beberapa Daya Tarik Masjid Istiqlal Jakarta

Perlu Anda catat terlebih dahulu bahwa masjid yang satu ini termasuk yang terbesar di Asia Tenggara. Terlebih, ada banyak daya tarik, keunikan, dan kemegahan dari masjid tersebut yang belum banyak orang ketahui. Ternyata ada banyak lho selain jam digital masjid di dalamnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimaknya pada penjelasan di bawah ini:

Keindahan Arsitektur

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa keindahan yang tersalurkan ke arsitektur masjid tersebut berasal dari tokoh non muslim yang lahir di Sumatera Utara. Adapun ia bernama Frederich Silaban yang merupakan salah seorang Kristen Protestan.

Rancangan masjid dengan arsitektur megah tersebut dapat menampung hingga 200.000 orang ketika beribadah. Pada saat itu, pemilihan desain masjid sendiri berlangsung berkat adanya sayembara desain. Sementara Frederich berhasil memenangkan desain pembuatan masjid tersebut.

Kubah Berlapis

Daya tarik lain yang tersimpan dari masjid megah ini adalah kubah berlapisnya. Keberadaan kubah tersebut berhasil menghias masjid berkat adanya 12 pilar melingkar yang menopangnya. Angka 12 tersebut sendiri merupakan tanggal kelahiran Nabi Muhammad.

Tidak hanya itu, pilar berjumlah 12 tersebut juga menjadi lambang total bulan yang ada dalam satu tahun. Anda bisa menikmati masjid ini dengan lima lantai. Adapun pemilihan jumlah lantai tersebut sebagai simbol rukun Islam. Terdapat pula satu menara yang sangat menarik sebagai simbol Tuhan Maha Esa.

Menara Berlapis Marmer

Tahukah Anda bahwa masjid yang ada di Jakarta ini memiliki menara dengan lapisan marmer. Menara tersebut memiliki diameter sekitar 5 meter. Untuk ketinggian menaranya sendiri yakni sekitar 6.666 cm atau 66,66 meter. Adapun pemilihan jumlah tersebut karena melambangkan jumlah ayat Quran.

Tidak hanya itu, masjid tersebut juga memiliki menara dengan bahan kerangka baja. Tinggi menara tersebut bahkan mencapai 30 meter. Adapun pemilihan angka 30 tersebut maksudnya adalah sebagai lambang 30 juz yang ada di dalam Al-Quran.

Itu tadi penjelasan tentang Masjid Istiqlal Jakarta dengan berbagai keindahan dan daya tariknya. Bagi Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya tentu tidak asing lagi dengan tempat ibadah terbesar di Asia Tenggara tersebut. Oleh sebab itu, ketika berada di daerah tersebut, maka pastikan untuk mengunjunginya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!