Pelatihan Audit Internal ISO 17025 dengan Materi Terbaik

Pelatihan Audit Internal ISO 17025

Pelatihan audit internal ISO 17025 merupakan program yang bertujuan untuk membekali seluruh peserta dengan keterampilan dan pengetahuan. Nantinya mereka akan menerapkannya pada saat melakukan audit khususnya pada bagian sistem manajemen mutu laboratorium berdasar ISO 17025.

Materi dalam Pelatihan Audit Internal ISO 17025

Dengan mengacu pada beberapa siklus Plan, Do, Check, Act akan menjelaskan model sistem manajemen mutu laboratorium dengan basis proses untuk mengikuti ISO IEC 17025. Peran audit internal seperti ini berfungsi dalam peningkatan dan pemeliharaan sistem pengelolaaan.

Auditor memiliki tugas penting untuk merencanakan, melaporkan, melaksanakan dan menindaklanjuti sistem audit manajemen mutu sesuai dengan ISO 19011. Versi tersebut masih belum mengalami pembaruan seperti 17025 sehingga pihak laboratorium pun perlu memperbaikinya.

Ada beberapa poin penting di dalam penyampaian pelatihan audit internal mulai dari keterampilan untuk perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut sebagai bagian dari sistem manajemen. Sementara materi diantaranya terdiri dari pengenalan umum, prinsip, review dokumen dan prosesnya.

Metodologi Kursus dan Peserta Pelatihan Audit Internal ISO 17025

Selama kursus tersebut berjalan, ada beberapa metode training akan peserta dapatkan. Umumnya presentasi oleh pemateri yang menjelaskan seluruh teori baik secara online maupun offline. Terdapat juga cara lainnya seperti latihan, diskusi dan studi kasus

Umumnya pembelajaran dengan mengutamakan aktivitas akan berjalan selama dua hingga tiga minggu. Artinya seluruh kegiatan dalam pelatihan audit internal terlaksana secara terstruktur dan terjadwal sehingga sangat rugi jika tidak mengikutinya terlebih jika hendak mendaftar akreditasi.

Sementara program pelatihan ini berdiri khusus untuk peserta dari beberapa kalangan tertentu. Beberapa diantaranya seperti staf pemelihara SMM laboratorium, semua auditor lab QMS serta orang-orang yang ingin menjajaki peluang karir dalam bidang audit sistem manajemen.

Rekomendasi Bagi Peserta Pelatihan Audit Internal ISO 17025

Ada beberapa rekomendasi yang menyarankan bagi calon peserta untuk mempelajari beberapa materi sebelum mengikutinya. Satu teori utamanya adalah sistem manajemen khususnya PDCA (Plan – Do – Check – Act).

Berikutnya juga harus menguasai mengenai manajemen kualitas yang membahas mengenai konsep pengelolaan kualitas dengan kepuasan pelanggan. Definisi tersebut tercantum secara jelas di dalam ISO 9000 sehingga sudah dapat Anda jadikan sebagai pedoman untuk menerapkannya.

Persyaratan ISO 9001 serta ISO/ IEC 17025 lainnya adalah dengan menyelesaikan terlebih dahulu kursus pelatihan QMS Foundation sertifikasi CQI IRCA atau setara setingkatnya. Hal ini sudah menjadi ketentuannya sendiri terlebih agar lebih mudah untuk memahami seluruh materi ke depannya.

Penasehat Program Pelatihan Audit Internal 17025

Pertanyaan mengenai hal ini memang sudah banyak orang-orang sampaikan karena merasa penasaran dengan siapa pengisi materinya. Beberapa penyedia kursus ini telah menawarkan program pengembangan pribadi sekaligus solusi pelatihan ISO 17025 khusus bagi individu hingga perusahaan nasional.

Selain itu, beberapa penyedia program pelatihan tersebut juga telah melaksanakannya secara khusus sehingga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan sertifikasi dalam skala internasional. Semua tutor pun juga telah berhasil lulus dari kualifikasi langsung sehingga terbukti berpengalaman.

Pelatihan kelas dunia akan mendatangkan pakar industri dan spesialis TUV SUD. Sementara gaya belajar interaktif umumnya berupa ceramah, ilustrasi dan simulasi. Sedangkan penyampaian materi secara daring biasanya menyampaikan di bidang keamanan, keselamatan dan juga keberlanjutan.

Perubahan Mendasar pada ISO 17025 Tahun 2017

Banyaknya pelanggan yang sudah mulai berpikir kritis tentu menjadi alasan bagi seluruh perusahaan untuk mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah memenuhi standarisasi berdasarkan standar tertentu misalnya ISO 17025 tahun 2017 bagi pihak laboratorium.

Standar ISO 17025 tahun 2017 telah mengalami perubahan lantaran seluruh faktor telah berkembang untuk menyesuaikan perkembangan zaman saat ini. Secara tata aturan, standarisasi ini harus menjalani revisi selama lima tahun sekali sehingga berpengaruh juga terhadap laboratorium.

Standarisasi ISO sendiri bahkan sudah menjadi kunci kesuksesan pada suatu produk untuk mencapai kepuasan pelanggan. Terutama jika mereka telah mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membeli sehingga berpengaruh terhadap gaya promosi pada setiap perusahaan.

Perubahan Struktur ISO 17025 Tahun 2017

Ada beberapa perubahan yang ada di dalam versi terbaru ISO 17025. Kini pendekatan klausul lebih menekankan pada proses pelaksanaan oleh ISO. Sementaar satu lainnya berhubungan mengenai ketertelususan metrologi dan lainnya memberikan penjelasan tentang sistem manajemen.

Klausul 4 berisikan tentang pembahasan persyaratan umum terutama jika berhubungan dengan kerahasiaan dan ketidakberpihakan. Klausul 5 berhubungan dengan persyaratan struktural yakni organisasi di dalam laboratorium.

Sementara klausul 6 & 7 sebagai persyaratan teknik standar yang masih lama. Sementara klausul 8 berkaitan dengan syarat kualitas untuk mendapatkan produk sesuai harapan. Perubahan ini memungkinakn laboratorium agar lebih fleksibel ketika mengoperasikan berbagai aktivitas.

Perubahan Basis Prosedur menjadi Basis Kinerja

Standar ISO 17025 2017 memang memperoleh pengakuan bahwa di dalamnya lebih memberikan fleksibilitas kepada pihak laboratorium untuk mengembangkan seluruh aktivitas sesuai rencana. Hal ini bisa saja terjadi asalkan semua kegiatan telah terdokumentasikan sebagai buktinya.

Penerapan persyaratan tersebut harus laboratorium jalankan secara konsisten. Pasalnya hal ini juga menjadi salah satu tujuan dari pelaksanaan ISO IEC 17025 tersebut agar benar-benar menjadi pihak yang berjalan profesional dengan komitmen tinggi menjaganya.

Misalnya ketika standar 200t menyampaikan syarat bahwa manual mutu dan prosedur berguna untuk audit internal dan prosedur sementara versi paling terbaru tidak akan mengaturnya secara ketat sehingga terasa lebih fleksibel.

Pelatihan audit internal ISO 17025 bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk bisa mengikuti standarisasi yang ada. Pasalnya kini tiap perusahaan memang memiliki nilai plus tersendiri jika sudah terbukti memiliki akreditasi tersebut.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!