Pengertian Non-Fungible Token

Pengertian Non-Fungible Token

NFT adalah aset kekayaan digital yang bisa mewakili dunia nyata yang semakin berkembang dan terkenal di negara Barat. Beberapa NFT bisa berupa musik, seni dan beberapa item lainnya seperti game dan juga video.

Bagaimana, apakah Anda mulai memahami apa itu NFT? NFT sendiri sering disebut sebagai Non-Fungible Token atau seringkali orang kenal sebagai Token tidak dapat dipertukarkan. Karakteristik NFT berbeda dengan token lain seperti ethereum dan bitcoin. NFT bisa Anda jual atau beli secara online dengan menggunakan mata uang kripto atau cryptocurrency. Sehingga pada umumnya memiliki kode software yang sama antara satu kripto dan yang lainnya.

Pengertian Non-Fungible Token

Sejak dulu pada tahun 2014, NFT menjadi salah satu aset yang sangat populer karena bisa membeli dan menjual karya seni digital dengan mudah. Selain itu, NFT juga seringkali memiliki kesamaan dengan cryptocurrency seperti beberapa mata uang kripto dan bitcoin. Karena sama-sama menyimpan data di blockchain.

Blockchain banyak orang kenal karena merupakan tempat penyimpanan mata uang kripto. Akan tetapi, blockchain juga digunakan sebagai media penyimpanan dalam jumlah besar yang dapat mencatat transaksi NFT yang terjadi.

Blockchain itu sendiri merupakan salah satu database yang dapat menyimpan setiap unit data digital. Yang bisa merantai antara satu  blok dan blok lainnya. Sehingga data yang ada bisa tersimpan dengan baik.

Setiap aset pada NFT berbeda antara satu dan yang lainnya. Sehingga keunikannya berbeda baik nilai maupun karakteristik setiap properti NFT yang ada. Anda bebas memilih NFT yang Anda inginkan dan butuhkan, tanpa terikat syarat dan ketentuan apapun.

Mungkin Anda bisa dengan mudah mendapatkan dan menyimpan suatu file gambar atau video secara gratis. Namun, dengan NFT Anda bisa memiliki barang atau file asli dan juga otentik.

Bagaimana, menarik bukan jika Anda bisa memiliki NFT? Hal unik lainnya yaitu NFT adalah kode identififikasi yang berbeda-beda antara masing-masing NFT yang tersimpan pada blockchain. Demikian ulasan singkat mengenai pengertian Non-Fungible Token, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!