Tips Memilih Asuransi untuk Anak

Tips Memilih Asuransi untuk Anak

Anak adalah segalanya. Teramasuk dalam hal berasuransi. Banyak orangtua yang memilih mengutamakan anak pada saat ditawari asuransi daripada asuransi untuk dirinya sendiri. Alasannya simpel, anak adalah prioritas, lalu bagaimana tips memilih asuransi untuk anak yang baik dan benar. Sebab pada umumnya, asuransi untuk orangtua juga banyak yang pada intinya manfaatnya untuk anak.

Tapi baiklah, pada kesempatan ini mari kita bicara soal asuransi untuk anak. Perlu saya tegaskan di sini bahwa yang dimaksud asuransi untuk anak di sini adalah asuransi atas nama anak. Jadi nantinya dalam polis, tertanggung adalah anak. Yang bayarin asuaransinya tentu saja orangtua.

Tips Memilih Asuransi untuk Anak

Bicara asuransi untuk anak kebanyakan orangtua biasanya langsung menanyakan asuransi pendidikan. Memang tidak salah, karena pendidikan adalah hal yang pertama dal utama untuk anak. Tapi kebutuhan masa depan anak sebenarnya bukan hanya itu. Nah, yang harus kita ketahui adalah program asuransi apa saja dan dengan tujuan apa sehingga asuransi tersebut cocok untuk anak. Mari kita bahas satu persatu.

1. Asuransi Pendidikan

Pertama, asuransi pendidikan. Yang ini barangkai sudah maklum dan banyak orang tua yang sudah tahu. Apa tujuan program ini? Tujuannya adalah untuk menyiapkan biaya pendidikan anak. Dengan kata lain, kita ingin memastikan ketersediaan dana pada saat anak masuk sekolah mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Kepastian adanya dana ini bukan hanya pada saat kita masih hidup dan mampu membayar premi. Bahkan seandainya kita tidak berusia panjang sekali pun dana tetap dijamin asuransi. Inilah bedanya asuransi dengan nabung.

2. Asuransi Jiwa

Kedua, asuransi jiwa. Lho, kenapa asuransi jiwa? Emang suruh anak kita meninggal? Barangkali sebagian masyarakat berpikir seperti ini. Ini adalah anggapan yang salah. Asuransi jiwa sama sekali bukanlah untuk mengharapkan si anak meninggal. Perlu saya tegaskan di sini bahwa asuransi jiwa yang dimaksud adalah asuransi jiwa modern yaitu: TAPRO. TAPRO ini adalah produk asuransi yang digabungkan dengan investasi.

3. Asuransi Kesehatan

Ketiga, asuransi kesehatan. Nah, kalau yang ini saya kira juga sudah banyak yang paham. Tujuan asuransi ini adalah untuk menjamin biaya pengobatan ketika sewaktu-waktu si anak sakit. Namun secara lebih detail, berhubungan jenis produknya, Anda bisa memilih antara 2 produk: 1) asuransi kesehatan murni atau, 2) Tabungan Proteksi (TAPRO). Lho, bukannya TAPRO itu asuransi jiwa? Betul. Tapi seperti saya singgung di atas, produk ini bisa digabung dengan asuransi rawat inap dan penyakit kritis.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!